nhk

MotoGP 2019: Sedih Perjalanan Joan Mir Ke MotoGP, Tim Pabrik Pula..!

ManiakMotor – Karena skill, itu pasti! Mereka yang ada di MotoGP sekarang punya keterampilan tersebut. Seperti Joan Mir yang hanya setahun di Moto2 sudah langsung dikontrak Ecstar Suzuki untuk ke MotoGP 2019 sejak Juni 2018.

Ya dia juara Moto3 2017, itu ada datanya. Skill-nya tertera di situ. Bukti dia memang layak dipromosikan. Masuk ke Moto2 2018 juga selalu bermain di papan atas, padahal status rooke.

Tapi ada yang membuatnya dipromosikan ke MotoGP dengan pabrikan pula. Yakni hubungan orang sekitarnya. Pembalap Spanyol yang satu daerah dengan Jorge Lorenzo itu, malaikatnya adalah manajernya, Paco Sanchez.

Ternyata Sanchez ini bukan orang baru di wajah Suzuki. Dia yang mengelola Maverick Vinales bisa masuk ke Suzuki 2015-2016, “Berawal dari teman yang menelpon 2013. Bahwa ada bakat besar dari Mallorca yang minta saya memerhatikan dan menawarkan pada Alberto Puig yang saat itu menangangi Rookie Cup,” papar Sanchez.

Sanchez juga bicara 2014 bahwa Mir bisa kedua di Rookie Cup tersebut, tapi sayang nggak ada tim Moto3 yang tertarik pada Mir untuk bermain 2015. Termasuk juga di bagian berbeda seperti Supersports 600 di bawah WSBK.

“Saya sudah ‘mengetuk’ tim-tim di Moto3 dan Moto2, tapi nggak ada yang tertarik pada Joan. Orang tua Mir juga nggak bisa apa-apa, karena ketiadaan dana. Untung saya dapat dana dan membiayai-nya bermain di FIM-CEV Moto3 dengan motor lama keluaran 2012,” tambah Sanchez yang juga jadi manajer Pol Espargaro, Tito Rabat dan sebagainya.

Singkat cerita 2016, Mir dikontrak Leopard di Moto3 dunia. Tahun itu beberapa kali menang dan podium. Tentu saja 2017 juara dengan 10 kemanangan dengan tim yang sama. Di Moto2 2018 dengan Marc VDS dan usia 20 tahun sudah di MotoGP. Begitu perjalanan Joan Mir yang MotoGP 2019 bersama Suzuki. Miolo

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353