nhk

MotoGP 2019 Suzuki Bertarung Normal, Nggak Ada Konsesi Lagi..!

ManiakMotor – Podium berkali-kali sudah otomatis menghapus konsesi Suzuki pada 2019. Konsesi satu-satunya 2019 tinggal diberikan pada KTM. Suzuki akan bertarung secara wajar, nggak ada lagi jatah 9 mesin per musim dan keleluasaan test.

Di MotoGP 2018, ada lima podium lewat Alex Rins dan empat podium dari Andrea Iannone. Bila dilihat dari podium apalagi dari seri-seri akhir 2018, Suzuki GSX-RR sudah sanggup untuk itu. Juga diperlihatkan pada testing pramusim di Valencia dan Jerez. Di Valencia si Rins ke-7 dan Jerez ke-10, tapi hanya terpaut 0.577 detik dari yang tercepat.

“Saat ini kami punya mesin baru, rangka baru, swing baru dan sebagainya yang baru. Dua kali test, itu belum selesai sesuai riset hilangnya konsesi. Yang penting Suzuki jangan salah langkah untuk pengembangan ini,” kata Davide Brivio, manajer Suzuki Ecstar MotoGP.

Rins juga mengakui, dia belum bisa mempush selalu di atas limit motornya, lantaran diutamakan masukan. Di Jerez misalnya, dia sangat sibuk membandingkan dengan sasis 2018 pakai mesin 2019. Selanjutnya, versi rangka baru dan mesin baru.

“Terus begitu dengan gonta-ganti part sesuai saran para insinyur. Tentang sasis baru, saya belum bisa cerita banyak. Akan tetapi, sudah banyak masukan yang diberikan pada para perancangnya. Tentu saja mereka akan bekerja dan akan diuji kembali di Sepang, tahun depan,” papar Rins yang yakin masukan mereka akan membawa hasil.

Dari omongan Rins, nggak banyak sebut mesin, itu artinya engine GSX-RR sudah oke punya. Untuk 2018, mesin mereka awalnya kurang power untuk menyambung nafas top speed. Pada mesin 2019, masalah itu sudah didiamkan, ya pasti sudah tertangani?

Suzuki pada dua kali test menurunkan tiga pembalap. Selain Rins, ada wajah baru jebolan Moto2, Joan Mir. Penampilan Mir sangat lumayan. Di Valencia di kombinasi dia ke-15 dan di Jerez ke-14. Lalu ada Sylvain Guintoli yang jadi tester. MM

BAGIKAN