nhk

MotoGP 2019: Suzuki Terus Bakar Semangat Pasukannya… Juara..!

ManiakMotor – MotoGP tahun lalu atau 2018 era baik buat Suzuki. Pabrikan Jepang mengumpulkan total sembilan podium, lima disumbang Alex Rins dan empat Andrea Iannone. Itu hasil tertinggi Suzuki di era MotoGP, melampui 2007, walau saat itu Chris Vermeulen pernah juara di Prancis.

Karenanya, manajer Suzuki MotoGP membakar semangat bawahannya, agar 2019 lebih hebat lagi, “Dengan podium-podium yang lebih baik dari harapan tersebut, kami kehilangan hak konsesi. Konsesi memang sedikit menguntungkan. Tapi bukan itu tujuannya, Suzuki ingin sejajar dengan produsen lain,” papar Brivio sembari berbisik bahwa kehilangan konsesi adalah pemecut untuk lebih baik.

Sebab, Suzuki sudah dapat dari hasil konsesi soal pengembangan mesin. Dengan hak konsesi bisa menggunakan 9 mesin setahun, telah diambil inti sarinya untuk diterapkan pada 7 mesin tanpa konsesi. Maksudnya, mereka sudah tahu cara mengawetkan 7 mesin untuk 2019 yang dibagi 19 seri.

Bagi Suzuki dengan kehilangan konsesi, mereka ingin bertarung secara adil. “Sekarang kami dipromosikan ke ‘peringkat senior’. Ya sejajar dengan Honda, Ducati dan Yamaha untuk bertarung dengan persenjataan yang sama. Ini bagus buat Suzuki dan juga lebih adil. Selain itu, ketika ada hasilnya akan lebih memuaskan melakukannya tanpa bantuan regulasi,” tambah Brivio yang mengaku sudah siap dengan itu.

Buat Suzuki semua itu adalah tekanan dalam arti semangat untuk lebih maju. Bahwa  sembilan podium itu modal meningkat lebih jauh. Itu semacam cambuk bekerja cermat, cerdas dan tepat.

“Ini adalah olahraga, selalu ada tekanan. Mimpi pertama dan terbesar memenangkan perlombaan. Kami telah mencapai podium kedua empat kali, tiga di antaranya bersama Alex (Rins). Bagi Alex akan menjadi evolusi alami untuk mencoba menang. Dan itu tujuan kami dalam jangka pendek,” semangatnya sembari sebut pembalap muda barunya  Joan Mir juga alami meningkat.
Ya ok sambil ketemu di test resmi Sepang 1 – 3 Februari 2019. Miolo

BAGIKAN