nhk

MotoGP 2019: Terbuka Potensi Musuhan Antara Maquez Dan Lorenzo Di Honda

ManiakMotor – Boleh sekarang antara Marc Marquez dan Jorge Lorenzo saling hormat.  Marquez dengan sopan mempersilakan Lorenzo datang ke Honda. Lorenzo juga permisi  baik-baik ke Repsol Honda Team yang akan dibelanya dengan kontrak 2 tahun, mulainya tahun depan.

Akan tetapi, agak sulit pelihara ‘singa jantan’ dalam satu kandang. Pasti nanti ada gesekan, karena keduanya adalah juara. Akan saling cakar dan terkam! “Sekarang, Marc dan Jorge bisa berteman. Tapi bukan untuk tahun depan. Jarang sama-sama pembalap cepat, akur dalam satu tim,” sebut Wayne Gardner si juara GP500 era 1987.

Gardner dari Australia itu sih bukan jadi tukang kompor. Dia hanya menganalisa, lantaran keduanya berada di tim elit. Keduanya punya motor yang tangguh. Memiliki tim yang didukung SDM kelas 1. Dua-duanya juga pemegang beberapa gelas di kelas puncak.

Namun Gardner juga menghitung Repsol Honda Team akan menjadi tim yang dinamis, tim disegani. Sebab memiliki dua pembalap yang kualitas setara, “Dengan dua pembalap ini, saingan Honda harus kerja keras dari sekarang,” tambah Gardner yang anaknya ikut balapan di Moto2.

Bagi Gardner, Lorenzo masih seorang petarung yang hebat saat di Honda nanti. Saat ini saja – walau terlambat – dia bisa bawa Ducati bangkit, “Saya tidak kaget, Jorge bisa juara dari Mugello dan Catalunya. Aslinya dia pembalap yang sangat cepat. Semakin cepat bila Jorge punya motivasi, seperti dia lakukan pada perubahan ergonomik Ducati,” pungkas Gardner sembari bilang Lorenzo akan dengan mudah menyesuaikan dengan Honda.

Bagi Gardner bila Honda mampu mengelola ‘konflik’ antara keduanya, tim ini menjadi sangat kuat. MM