nhk

MotoGP 2019: Tetua Aussie, Doohan Beri Nasehat Untuk Jack Miller, Mental..!

ManiakMotor – Joki-joki Australia di GP sekali muncul punya nama. Banyak sih, contoh aja Michael Doohan sang legend GP500 dan Casey Stoner yang dua kali juara dunia MotoGP. Saat ini yang tersisa adalah Jack Miller, satu-satunya pembalap Australia di MotoGP 2019.

Untuk itu Mick Doohan punya pandangan atau nasehat pada Miller. Doohan merasa sesama Aussie yang lebih tua berhak dong memberi masukan. Lima kali juara GP500 bro, “Saya Australia dia (Miller) juga Australia. Senang melihatnya ada di MotoGP. Ini bagus buat negara kami. Saat ini dia dalam posisi yang tepat. Harus dimanfaatkan. Caranya fokuskan energi untuk mental yang akan dicapai,” sebut Doohan.

Adanya Miller dari Australia, bagus juga buat MotoGP itu sendiri. Supaya balapan top dunia itu, nggak didominasi Spanyol dan Italia. Kalau perlu masih ada beberapa negara lain agar MotoGP kian berwarna. Kalau dari Indonesia memang ada, silakan! Kan dari Malaysia juga ada. Kalau dua kalimat terakhir menurut penulis, loh.

Aplikasi mental ini yang perlu diperbaiki Miller. Caranya katanya, konsentrasi penuh mencapai tujuan utamanya. Dan MotoGP 2019 tepat untuk Miller yang saat ini umurnya 23 tahun. Si Jack berada di tim Pramac Ducati yang menggantikan Danilo Petrucci. Kedudukannya memperoleh motor setara pabrikan, keluaran terbaru. “Mental Miller tidak sekuat fisiknya,” tambah Doohan di MotoGP.Com.

Kelamahan itu yang menurut Doohan masih ada pada Miller. Soal cepat, dia sangat cepat. Bahkan kadang bisa memimpin balapan, namun kurang kuat mentalnya. Maka sering bikin kesalah kecil yang semestinya bisa dihindari. Dan seperti itu yang sering terjadi pada Miller selama balapan, memang. Artinya Doohan sangat memerhatikan sosok Miller yang sesama Aussie.

Doohan menjabarkan untuk membangun mental adalah persiapan lomba yang lebih matang. Maksudnya pasang strategi pada diri sendiri. “Jika mental ini boleh diatasi, dia akan mendapatkan dirinya ke posisi yang lebih kuat. Maka konsistensi podium bisa muncul sendirinya. Metal ini jenis hal tidak turun dalam keberuntungan, tapi butuh persiapan. Saya rasa, Jack mampu belajar menyalurkan mentalnya,” kata Doohan yang di eranya punya riding style tersendiri.

Masih kata Doohan, lemahnya mental Miller untuk pertahankan momentum dan menyelesaikan lomba. Kalau ini ok, tahapan berikutnya menyelesaikan balapan di podium, berikutnya berjuang untuk memimpin. Selanjutnya memenangkan balapan. Dan terakhir memanajemen klasemen. Miolo

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353