nhk

MotoGP 2019: Understeering vs Oversteering, Benarnya Yang Pas

ManiakMotor – Di balap apa saja antara understeering dan oversteering, dua-duanya merugikan. Yang enak itu, paling pas di racing line. Tapi yang under dalam penjelasan motogp.com justru merugikan dari pada over.

Tapi sebelum meneruskan masalah yang selalu dihadapi di balap motor, bahkan sekelas MotoGP ini, Selamat Hari Natal 2018 buat yang menganutnya. Oke lanjut, understeering banyak kerugiannya. Kerena motor melebar saat menikung. Lebih mudahnya dikenal dengan out yang artinya sulit belok dan susah dikembalikan pada jalur paling dalam.

Understeer motor cenderung terdorong keluar jalur oleh bobot dan tenaganya. Untuk mengatur agar pas, motor kudu lebih pelan dari yang seteleannya tepat, kalah juga dari yang oversteering. Ya, sudah ketinggalan. Makin dipaksakan dengan kecepatan sama di tikungan, risikonya akan low side alias pembalap jatuh kehilangan grip depan. Sebab dari under ini kebanyakan grip depan kurang dari grip belakang.

Beda lagi dengan oversteer. Ini gejala belok yang justru lebih mudah menikung, tapi terlalu over juga merugikan. Tidak dijelaskan dalam video itu, yang namanya over sudah pasti motor lebih liar. Setang kemudi bergerak sikit, seluruh tubuh motor akan bereaksi. Namun, semakin ahli pembalap, dia maunya oversteering bagi yang pemula tentu itu terlalu liar. Tiga kalimat tersebut bukan dari video, tapi skill menulis, hehe, becanda bro.

Dijelaskan oleh vedeo, lebih baik oversteer dari pada under. Karena itu tadi, mudah dibelokan. Gejala oversteer adalah depan banyak grip dan belakang kurang. Nggak dijelaskan juga – dan harus cari akal menjelaskannya – oversteer punya kekurangan lain. Yakni motor gampang slide dan kemungkinan high side. Mudah-mudahan nggak begitu.

Umumnya – walau nggak dijelaskan di video – penyetelan under dan over dicari dari sudut derajat rake kemudi. Kelenturan lengan ayun dan tentu saja setelan suspensi depan dan belakang. Ada juga yang bawaan rancang bangun motor seperti awal-awal Ducati yang understeering. Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353