nhk

MotoGP 2019: Valentino Rossi Lakukan Balapan Pertama Usia 40 Tahun, 22 Lap Dari 14 Finish 5

ManiakMotor – Ronde pertama di sirkuit Losail, Qatar pada 10 Maret lalu, di era MotoGP modern, baru Valentino Rossi melakukan di umur 40 tahun. Dia pun melakukan dengan mantap selama 22 lap tanpa kendur. Maju terus dari start grid 14 sampai finish ke-5 bertempur rapat dengan lima pembalap yang finish berdekatan.

Bahkan bisa jadi, Rossi satu-satunya pembalap di umur 40 tahun yang mampu berlari 22 kali di atas 300 km/jam di trek lurus. Top speed tertingginya adalah 347 km/jam, “Selama 22 lap itu saya ngebut dengan konstan. Terus mendorong,” papar Rossi dengan senyum-senyum soal kemampuannya.

Benar begitu bro. Dari lap pertama berlari 1:56 dan lebih banyak 1:55, bukti dia push terus alias fisik dan nyalinya masih tersedia. Bayangkan ada 9 pembalap yang dilewati sampai berkumpul dengan lima pembalap di rombongan depan. Yang disalib tersebut setengah dari umurnya. Malah Rossi di lap 14 mencetak fasteat lap pribadi dengan 1 menit 55.393 detik. Fastest lap ini yang ke-7 saat lomba dan paling cepat Fabio Quartararo dengan 1’55.039.

Seperti pertanyaan langsung pada Rossi oleh portal ini saat dia meluncurkan livery M1 2019 di Jakarta, katanya umur 40 tahun sama saja dengan tahun lalu. Bahkan dia mengklaim, antara umur 40 tahun dan 36 hampir sama, “Tapi jujur saja selama musim dingin saya melatih fisik dengan keras,” tambah Rossi yang menyangkan dia start terlalu belakang.

Rossi juga meduga M1 2019 yang dipacunya masih memiliki masalah yang hampir sama tahun lalu. Untung saja di Losail yang tradisiny cocok dengan M1. Tapi kalau pindah sirkuit, soal ban belakang yang membuatnya kesulitan. Khusus jelang lomba di Losal soal ban depan juga berhasil diatasi.

Rossi punya pandangan pada top speed Ducati dan Honda yang sudah sangat tinggi. Mereka juga didukung akselerasi yang kuat, “Suzuki juga berkembang pesat pada power. Yamaha harus mengejar di area ini,” pungkas Rossi yang masih yakin umurya masih mampu  melawan anak muda, asal motornya sanggup. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 8 – 10 Maret 2019 Moto2 Dan Moto3

MotoGP Mandalika Lombok 2021: Serius Nih… Bos Dorna Sudah Mendatangi Presiden Jokowi

Jelang MotoGP Argentina 2019: Lorenzo Cidera (Lagi) Pada Tulang Rusuk Kanan

Pasca MotoGP Qatar 2019: Mendingan Rossi Dari 14 Jadi Ke-5, Vinales Grid 1 Jadi Ke-7

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353