nhk

MotoGP 2019: VR46 Riders Academy Pimpinan Rossi Gratis Awal, Perluas Keluar Italia

Murid VR46 sedang berlatih motocross

ManiakMotor – Baru lalu memang guncang VR46 Riders Academy dengan tiga anggotanya keluar. Yakni Lorenzo Baldasari, Nicolo Bulega, dan Dennis Foggia. “Semuanya memang dari Italia, kerena VR46 Riders Academy dikhususkan talenta Italia,” papar manajer tim Sky VR46 si Pablo Nieto.

Nieto bersama Uccio Salucci memang ditugaskan Valentino sebagai pemilik sekolah balap tersebut. Nieto menerangkan, dengan berkurangnya tiga murid saat ini tinggal 8 pembalap di VR46 Riders Academy. Nanti akan ada yang masuk berikutnya sebagai anggota yang terdaftar. Contoh calonnya adalah  Elia Bartolini dan Lorenzo Bartalesi yang belum terdaftar, tapi sudah memperkuat tim VR46 di kejurnas Moto3 Italia.

Saat ini VR46 Riders Acacemy ada anggotanya yang bermain di MotoGP seperti Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) dan Pecco Bagnaia (Pramac Ducati. Sedang di Moto2 ada Stefano Manzi, Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Di Moto3 ada Celestino Vietti, Andrea Migno dan Niccoló Antonelli.

Sistem menjadi murid di VR46 adalah penampungan bakat yang diyakini akan menembus tingkat dunia. Saat terpilih atau ditunjuk masuk VR46 Riders Academy, mereka gratis diajari dan berlatih. Namun saat masuk tim di  Moto3, Moto2 atau MotoGP, mereka wajib mengembalikan yang gratis tersebut. Skema pembayarannya, ya Nieto cs-lah yang ngatur.

Kemungkinan besar masalah pembayaran setelah diambil tim ini yang memicu tiga pembalap keluar dari VR46 Riders Academy. Namanya juga uang, tadinya kawan berubah jadi lawan. Walau diluaran seperti Baldasari, Bulega dan Foggia berceita berbeda. Tapi ditenggarai akar masalahnya dari situ.

Ke depan sekolah balap yang bermarkas di ranch milik Rossi di Tavullia, Italia, tersebut, akan wilayah muridnya, “Maksudnya yang jadi murid bukan hanya dari Italia. Tapi dari negara lain, boleh mendaftar,” papar Nieto dengan kalem. MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2019: Pepatah Suzuki Alex Rins, Sudah Dapat Juara, Pasti Ingin Lagi

Jelang MotoGP Misano 2019: Rossi Bandingkan Umur, Prestasi Dan Motor Dengan Lorenzo

Jelang MotoGP Misano 2019: Marquez Bebas Rayakan Juara Dunia MotoGP Ke-6

BAGIKAN