nhk

MotoGP 2019: Yamaha Bukan Revolusi, Itu Kata Jarvis, Rossi Suka Struktur Tim Baru

ManiakMotor – Dikepruk habis Honda dan Ducati dalam dua musim terakhir membuat Yamaha seperti tim medioker di MotoGP. Tak tersisa kejayaannya. Para pengamat dan mereka yang merasa layak jadi pengamat pun ramai meneriakkan perlunya Yamaha melakukan langkah revolusioner untuk bangkit ke papan teratas kompetisi.

Meski tak pakai istilah revolusi, Valentino Rossi pun sempat minta perubahan besar dalam tim. Ia ingin lebih banyak area teknis yang dibenahi dan manajemen timnya dikelola lebih yahud seperti pengelolaan tim F1.

Sebagian langkah itu sepertinya dilakoni Yamaha, antara lain dengan struktur tim yang banyak dihuni orang-orang baru. Termasuk kombinasi insinyur dari Jepang, Spanyol dan Italia. Bahkan pimpinan proyek M1 yang sangat bertanggung jawab pada desain M1 diduduki orang baru Takahiro Sumi. Dia menggantikan Kouji Tsuya.

Untuk sementara ini Rossi mengaku happy dengan perubahan itu. “Perubahannya sangat menarik dan saya pikir kami akan lebih kuat. Tapi, hasilnya harus kita tunggu,” ucap The Doctor.

Bos tim Yamaha, Lin Jarvis, menyebut lebih suka langkah evolusi secara bertahap guna membenahi kinerja tim. “Yamaha tak butuh langkah revolusi. Karena kami sudah punya basis pengembangan. Kalau revolusi maka basis itu malah hilang,” ucapnya yang artinya harus bekerja dari awal lagi kalau ada revolusi.

Pengembangan spesifikasi teknis M1 2019 katanya tak ada yang radikal. Hasil tes akhir tahun lalu sementara sesuai dengan harapan. Sudah ada varian mesin yang tinggal dimantapkan dalam tes pra musim sepanjang bulan ini.

Tinggal disinkronisasi dengan sasis dan perangkat elektronik. Tes Sepang dan Losail menjadi arenanya. “Kita tak tahu seperti apa hasilnya di sana. Saat ini kami merasa bagus, tapi apakah akan kompetitif tentu juga dipengaruhi sejauh mana kemajuan tim kompetitor,” tutup Jarvis.

Yo wes, baiklah kita tunggu! Bone

BACA JUGA

Tekniks, Dari 36 Laga MotoGP 2017-2018, 34 Dimenangi Mesin V4, In-Line Hanya Dua Kali

MotoGP: Ingin Basmi Sutris, Vinales Singkirkan Peninggalan Lorenzo

Jelang Test Resmi MotoGP Sepang 2019: Jarvis, Fokus Manajemen Engine Brake M1 2019

MotoGP 2019: Morbidelli vs Nakagami, Pertaruhan Yamaha-Honda di Satelit

BAGIKAN