nhk

MotoGP 2019: Yamaha Yakin Sekali Di Misano, Rossi Pensiun Usai 2020 Tergantung M1

ManiakMotor – Usai tes sirkuit Misano yang lantas dipakai pada seri MotoGP lanjutan, Valentino Rossi optimis pada lomba diadakan 13-15 September 2019. Bukan hanya podium yang diincar, tapi juara. Mantap, ya..!

Itu didukung Manajer Monster Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli. Meregelli ini jarang bicara target loh, “Menurut saya, kami dapat menargetkan podium dan bahkan juara. Dalam tes, kami mendapati barang baru yang sangat menaikan performa M1,” papar Meregalli dengan sangat yakinnya.

Yang paling dia andalkan adalah knalpot yang konfigurasinya memang berbeda dengan sebelumnya, tetap 4-1-2. Ingat, walau knalpot ini bagian dari mesin, tapi aturannya boleh diganti alias tak disegel sekaligus dengan mesin. Knalpot boleh berubah sesuai perkembangan rangka, terutama lengan ayun. Seperti diketahui, Yamaha juga membawa lengan ayun karbon di tes Misano yang otomatis keluaran ujung knalpot kudu menyesuaikan.

Eh ternyata, turbulensi gas buang dari knalpot baru mampu menambah daya jauh jauh lebih linier (rata). “Situasi itu terjadi pada semua tingkat rpm yang dibutuhkan. Itu berlaku sejak awal throttle (selongsong gas) dibuka sampai penuh. Juga penambahan daya kuda (dk) dari knalpot sangat menolong,” yakin Meregalli.

Di saat sama, tenaga bisa tersalurkan dengan baik ke lintasan oleh swingarm karbon tadi. Motor lebih stabil, “Dan paling utama traksi jauh lebih grip dalam keadaan motor tegak atau menikung. Dengan lengan ayun ini kondisi ban jauh lebih baik, logikanya karbon lebih ringan dari aluminium. Tekanan pada ban berkurang. Kami berharap situasi tes juga jadi kenyataan dalam lomba,” harap Meregalli yang percaya perubahan ini bisa dimanfaatkan Rossi, termasuk aerodinamika penutup pelek yang bisa mengurangi hambatan angin.

Lantas Meregalli bicara M1 2020 yang juga diuji Rossi di Misano, namun sebentar saja. Menurut Meregalli, kualitas M1 2020 juga merupakan point penting apakah Rossi meneruskan balapannya usai 2020, “Aspek M1 akan memainkan peran dalam keputusan Valentino dalam kontrak selanjutnya,” tutup Meregalli yang belum bisa cerita banyak soal tahun depan dan selanjutnya, karena masih konsentrasi balapan Misano.

Ok deh. Laksanakan!!!! M11

BACA JUGA

MotoGP 2019: Penantang Real Marquez Satu-Satunya Adalah Quartararo

Jelang MotoGP Misano 2019: Balapan Di Dekat Rumah Rossi, Banjir Fans Kuning

Jelang MotoGP Misano 2019: Perangkat Holeshot Ducati, Nggak Mudah Ditiru Lawan..!

MotoGP 2019: Lorenzo Diragukan Muncul Di Misano, Istirahat Total