nhk

MotoGP 2019: Zarco Belum Geber Habis KTM RC16, Masih Raba-Raba

ManiakMotor – Johann Zarco sudah dua kali naik KTM RC16. Maksudnya sudah dua sirkuit yang dia lewati dengan motor Australia tersebut. Luamayan, di test pertama di Valencia ke-21 dan tertinggal 1.752 detik dari yang tercepat. Di test kedua Jerez sudah ke-1.9, tapi selisih 1.919 detik dari yang tercepat.

Jauh sih untuk ukuran motornya. Tapi kalau dibandingkan dengan Pol Espargaro yang sama-sama membela KTM pabrik, sudah dekat. Di Jerez, Pol urutan 17, “Saya belum mempertaruhkan segalanya untuk kecepatan lap. Masih mau istirahat musim dingin,” papar Zarco yang orang Prancis itu.

Maksudnya, dia belum mendorong sebisanya agar motornya makin kencang. Bukannya takut kenapa-kenapa, karena dia mau istirahat dulu untuk berlibur akhir tahun. Di saat sama, Zarco masih ingin mempelajari lebih dalam karakter RC16, ya masih raba-raba. Pula memberi masukan yang dia butuhkan.

Mike Leitner, manajer Red Bull KTM MotoGP, memuji Zarco cepat beradaptasi dengan KTM. “Johann (Zarco) telah melakukan pekerjaan hebat. Banyak yang dicobanya dari mesin, sasis, aerodinamis, dan suspensi. Kami berhasil mendata informasi berharga yang perlu dianalisis usai test Jerez. Jadi kami akan memiliki perpaduan yang terbaik pada tes berikutnya di Sepang,” papar Leitner.

Leitner mengabarkan, walau test dan balapan libur bukan berarti mereka leha-leha. Justru saat itu mereka akan mengembangkan RC16 di pabriknya. Tujuannya saat di test ulang di Sepang pada Februari 2019 nanti, sudah ada perkembangan. MM

BAGIKAN