nhk

MotoGP 2020: Elektronik Biang Kerok Yamaha Valentino Rossi Salah Riset..!

ManiakMotor – Sebelum muncul elektronik seragam Magneti Marelli asal Italia, Yamaha punya elektronik sendiri. Saat itu dikenal ampuh di tangan Valentino Rossi. Dengan perbandingan dari 2012 – 2015 merebut 30 kemenangan. Sedang sejak 2016 menggunakan elektronik seragam sampai 2019 kemarin, cuma 13 juara seri.

“Kami meremehkan elektronik, karena hanya perangkat lunak. Kami pikir akan ada kesamaan dengan ektronik sebelumnya di mana Yamaha sangat unggul di bidang ini. Maka kami coba dengan arah yang berbeda lewat logika, pemahaman, dan metode sendiri. Ternyata keliru dan semua jadi salah arah,” papar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha yang makin gencar bicara menuju pertarungan 2020.

Menurut Jarvis, Yamaha kalah langkah lantaran memandang elektronik nggak banyak ngaruh. Misalnya Honda langsung memanfaatkan orang dalam Magneti Marelli yang bernama Filippo Tosi. Ditambah beberapa ahli Italia yang paham akan Magneti Marelli. Sedangkan, Yamaha tetap yakin akan metodenya yang ‘bengkok’, kan salah arah brosist.

“Saya yakin pendekatan mereka jauh lebih terbuka dan komprehensif daripada  Yamaha. Di saat sama dari situlah titik Yamaha melangkah ke arah yang keliru,” tambah Jarvis sembari bilang setelah perubahan struktur internal Yamaha, mereka akan fokus pada elektronik dan mulai diterapkan pada M1 2020.

Karena itu, Yamaha juga sudah ‘membajak’ sawah, eh maksudnya membayar Marco Frigerio pindah ke tim mereka. Frigerio dari namanya pasti mengerti Magneti Marelli yang sama-sama dari negaranya Italia. Tapi paling penting lagi dia sebelumnya di Ducati Pramac sebagai tukang elektronik. Bukan tukan solder seperti yang benarin HP, brosist. Tapi ahli program.

Semoga nggak kesasar lagi. MM

BACA JUGA

MotoGP 2020: Kata Petrucci Marquez Pencipta Elbow Down, Sejak Dengkulnya Kenny Roberts, Sempurnakan Milik Rossi..!

MotoGP 2020: Ah Yang Benar? Agar Valentino Rossi Membaik, Tiru Langkah Vinales..!

MotoGP 2020: Yamaha Di Tes Sepang Misinya Tambah Kuat Rossi Dan Vinales

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353