nhk

MotoGP 2020: Karena Corona, Diperintahkan Berhenti Riset, Agar Adil Eropa dan Jepang..!

ManiakMotor – Berita terbaru untuk sementara semua utak-atik pengembangan mesin dan aerodinamika MotoGP 2020 diperintahkan dihentikan! Tentu dampak Covid-19 alias Corona. Stop riset ini hanya sementara, beda dengan Formula One yang telah menghentikan semua kegiatan pengembangan mobilnya. Tapi diperkirakan, MotoGP juga mengarah ke sana. “Karena melihat kondisi virus sulit dinetralkan di seluruh dunia,” kata direktur teknis Aprilia, Romano Albesiano.

Langkah ini diumumkan pada Jumat malam 20 Maret 2020 oleh manajer teknis MotoGP Danny Aldridge. Kata tuttomotoriweb.com, si Aldridge ditelepon CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sendiri. Bahwa, “Agar terjadi keadilan, pengembangan mesin dan aerodinamika dibekukan sementara,” sebut surat tersebut yang berlaku mulai 24 Maret 2020.

Alasannya, merek-merek Eropa sama sekali tak bisa bekerja usai dari testing di Qatar. Sebab, peraturan lockdown seperti di Italia tempatnya Ducati, “Semua peralatan Ducati masih di Qatar, karena memang tidak ada ekspedisi. Pembekuan pengembangan ini adalah  solusi yang paling logis,” sambut Manajer Umum Ducati Corse Gigi Dall’Igna di Gazzetta dello Sport.

Andai seri pertama MotoGP terjadi di Losail lalu, harusnya Honda, Ducati, Yamaha dan Suzuki sudah menyerahkan mesin dan kit aerodinamis pada Rabu sebelum lomba untuk dihomologasi oleh FIM. Karena lombanya ditiadakan, homologasi pun tidak terjadi dan sekalian saja  pengembangan dibekukan sepenuhnya. Keputusan tersebut menghindari kecemburuan dan perbedaan antar produsen peserta. Sebab merek-merek Jepang masih bebas mengerjakan pengembangan di pedepokan mereka.

“Kami terakhir bisa pegang motor untuk mengerjakannya pada 13 Maret. Habis itu langsung rehat ke Italia dan ternyata nggak bisa keluar dari negara kami sendiri. Di sini, ya di Italia kita tidak bisa melakukan apa-apa. Sementara di Jepang, mereka pasti masih melakukan kegiatan seperti biasa,” tambah Gigi Dall’Igna.

Sebenarnya sih, pembekuan pengembangan ini tidak berdampak pada Aprilia dan KTM. Karena kedua produesen masih dapat hak konsesi. Masih bebas melakukan pengembangan selama musim berjalan. “Tapi pembekuan pengembangan adalah langkah yang tepat, walau itu tidak memengaruhi Aprilia,” setuju Albesiano. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2020: Sirkuit Mugello Pinjamkan Alat Kesehatan, Sentul Anda Nggak Ya..?

MotoGP 2020: Rossi Bersuara Di Sky TV, Berteriak Mendukung Fans-nya Melawan Corona..!

MotoGP 2020: Kabar Valentino Rossi Menjalani Lockdown Italia, Diam Di Rumah..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353