nhk

MotoGP 2020: Masak Sih Andalan Ducati Aerodinamika Doang..?

ManiakMotor – Judul di atas tentu saja keliru, bila filosofi menunggang angin Ducati terus dikembangkan. Justru aerodinamika itu terus disempurnakan pada Ducati Desmosedici di MotoGP, itu saking kuatnya power merek Italia ini agar motor tetap tenang saat berakselerasi. Apalagi top speednya itu loh.

Edoardo Lenoci, manajer aerodinamika Ducati, menceritakannya. Kebetulan Ducati dalam test pribadi baru-baru ini muncul juga dengan aerodinamis pada roda depan yang katanya ngaruh pada seluruh aerodinamika Desmosedici. Padahal, para awam tahunya itu untuk mendinginkan rem depan.

“Tujuan aerodinamika untuk mengurangi lonjakan akselerasi. Diusahakan motor tetap tenang untuk membantu pembalapnya. Tentu saja, saya tidak usah cerita waktu yang habis di terowongan angin,” kata Edoardo yang menceritakan aerodinamika Ducati sudah dikembangkan lewat simulasi beberapa tahun lalu.

Bahwa aerodinamika bisa dapat mensimulasikan aliran udara lengkap pada sekitar tubuh Ducati. “Risetnya lewat  terowongan angin dan data dengan CFD bersama  umpan balik di trek yang sebenarnya. Ke masa depan, tentu saja akan terjadi  peningkatan. Terutama perangkat keras CFD karena datanya akan sangat tepat,” lanjutnya yang setiap tahun mengembangkan aerodinamika Ducati.

Ducati pertama kali muncul dengan winglet pada 2015 mungkin dilihat miring oleh lawan-lawannya. Tapi fakta, seluruh peserta MotoGP mengembangkan aerodinamika yang berawal dari sayap dan muncul pertama kali bikin senyum itu. Termasuk tahun ini aerodinamika ini menjadi andalan Ducati yang seri pertamanya minggu ini. MM

BACA JUGA

MotoGP 2020: Marc Marquez Nggak Peduli Soal Valentino Rossi..!

Jelang MotoGP Jerez 2020: Razali Bantah Rossi Teken Kontrak, Media Italia Mengkhayal..!

Jelang MotoGP Jerez 2020: Rossi Umumkan Setuju Setahun Dengan Petronas, Opsi 2022..!

Valentino Rossi Ngebut Dengan Ferrari 488 GT3 Korekan Kessel Racing Di Misano

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353