nhk

MotoGP 2020: Puig Bikin Alasan Singkirkan Alex Marquez Dari Repsol..!

ManiakMotor – Alex Marquez yang tahun ini mendampingi kakaknya Marc Marquez di Repsol Honda Team dianggap masih pemula. Harusnya dia ke tim satelit dulu saat masuk ke MotoGO dan tahun depan begitu adanya, digeser ke LCR Honda untuk 2021. Padahal kakaknya dari Moto2 langsung ke MotoGP tuh.

Begitu yang dibilang manajer Repsol Honda Team, Alberto Puig. Dia akhirnya bersuara soal ujug-ujug Pol Espargaro untuk dua tahun ke depan justru yang mendampingi Marc, “Idealnya bagi pembalap yang baru naik dari Moto2 ke tim satelit. Dan kami tertarik akan kemajuan Alex. Maka Alex ditempatkan ke LCR. Alex akan dapat motor pabrik, tetapi dengan sedikit tekanan ketimbang di Repsol Honda,” papar Puig yang alasannya kurang bisa diterima mengingat sejarah kakaknya Alex dari Moto2 langsung ke Repsol Honda.

Sebenarnya langkah Repsol Honda menggeser Alex tanpa memberi kesempatan melihat kinerjanya di MotoGP telah ditanggapi Mic Doohan. Mantan juara dunia GP500 lima kali dengan Honda itu, heran MotoGP 2020 belum berjalan tapi sudah ada penilaian pada Alex. Maka masuklah Pol Espargaro. “Harusnya Honda melihat dulu Alex tampil dalam lomba. Selain untuk menjaga mental pembalapnya, juga etika,” kata Doohan yang menduga ada permainan orang dalam soal geser-menggeser tersebut.

Satu-satunya parameter Repsol Honda Team pada Alex Marquez di MotoGP adalah test pramusim di Sepang dan Losail. Dua tes sebelum Corona mendunia itu memang sih agak jauh dibanding pendatang baru seperti Fabio Quartararo tahun sebelumnya. Di Sepang dalam kombinasi hari, Alex hanya ke-18 dan tertinggal 0,7 detik dari yang tercepat. Lalu di Losail, Qatar si Alex lebih jauh lagi hanya ke-21 dari 22 pembalap dan terpaut 1.6 detik dari yang tercepat.

Soal dua kalimat tadi nggak dijawab, “Kontrak dengan Alex di Repsol memang hanya setehun. Tapi, kami percaya Alex dapat menunjukkan potensinya di LCR. Di tim itu ia akan lebih rileks. Alex tidak akan tertekan mentalnya satu tim bersama kakaknya. Tetap dia terdaftar sebagai pembalap  HRC dan mendapat fasilitas motor yang sama dengan pabrik,” tutur Puig sambil bicara meluruskan.

Sedang untuk Pol Espargaro dari cerita Puig, alasan paling mengemuka soal gaya yang mirip dengan Marc. Mungkin pengalaman beda gaya seperti Jorge Lorenzo akan gagal, hehe. Selebihnya adalah biasa. Misalnya, Pol punya semangat juang matador. Lalu, punya pengalaman yang panjang di MotoGP. Raider

BACA JUGA

MotoGP 2020 Jerez: HRC Perpanjang Alex Marquez, Tapi Bukan Di Repsol..!

Jelang MotoGP Jerez 2020: Morbidelli Lanjut 2 Tahun Dengan Petronas, Rossi Belum…!

MotoGP 2020: HRC Konfirmasi Pol Espargaro Dikontrak 2021-2022, Ya Dua Tahun..!

Jelang MotoGP Jerez 2020: Mobil Logistik Semua Tim Sudah Di Parkiran Paddock Jerez


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353