nhk

MotoGP 2020: Sampel B Pada Urine Iannone Positif, Langkah-nya Gimana..?

ManiakMotor – Ini kata koran Italia, bahwa sampel ‘B’ urine Andrea Iannone positif. Sampel B ini pemeriksaan kedua setelah yang pertama  di GP Malaysia November tahun lalu, Iannone positif. Ya, positif  berdasarkan Pasal 7.9.1 FIM Anti-doping Code (CAD).

Namun katanya pada sampel B yang diumumkan 7 Januari 2020 dan baru ada beritanya sekarang, zat dopingnya kecil. Media Italia menganalisa bahwa itu tidak ada unsur kesengajaan. Seperti yang dilaporkan La Gazzetta dello Sport yang bilang tetap mengandung Anabolic Androgenic Steroid yang dipakai untuk binaraga tapi dilarang di MotoGP. Kandungan tersebut sangat tipis.

Itu artinya tanpa disadari oleh Iannone terkonsumsi melalui daging yang terkontaminasi di Asia. “Analisis kalkulasi harus membuktikan adanya metabolit yang sama dengan 1.150 nanogram per mililiter. Mengingat Iannone telah berada di Asia selama lebih dari sebulan. Apalagi sampel diambil setelah balapan di mana terjadi dehidrasi yang tinggi,” kata Gazzetta mengutip pernyataan pengacara Iannone yang bernama Antonio De Rensis.

Walau kandungannya tipis, Iannone dan pengacaranya harus banding dan berdebat untuk kasusnya pada sidang disipliner FIM. Setelah itu vonis akan dikeluarkan dalam waktu 45 hari. Sepertinya Iannone akan melewatkan dua tes pra-musim Februari di Sepang dan Qatar. Bisa-bisa pula sampai seri pertama MotoGP di Losail pada 6-8 Maret. Aprilia Racing sendiri disebut telah mempersiapkan Bradley Smith sebagai pengganti Iannone, jika itu terpaksa.

Sementara, Iannone tetap pada rencananya untuk menjadi cepat dengan Aprilia. Katanya, balap motor adalah hidupnya. Dia tak bodoh untuk merusaknya hanya dengan doping binaraga. Dia bukan seperti yang dituduhkan untuk jadi peragawan atau selebriti seperti diberita ini.

“Saya aktif di sosmed semata-mata membantu produk yang menjadi sponsor tim dan saya pribadi. Dan sponsor memang mewajibkan hal tersebut,” tangkis Iannone yang masih merasa tak bersalah dalam kasusnya ini, karena dia merasa paling banyak diperiksa urinenya di MotoGP. M11

BACA JUGA

MotoGP 2020: Proyek Ambisius Aprilia, Mesin Baru V4 90 Derajat Di Tes Sepang, Iannone Ketar-Ketir..!

MotoGP 2020: Alex Hofmann Tuding Iannone Pakai Obat Untuk Jadi Model Ketimbang Pembalap

MotoGP: Sampel Urine Iannone Terbaru Diumumkan 7 Januari 2020

Andrea Iannone Ketahuan Pakai Obat ‘Terlarang’, Dilarang Untuk MotoGP 2020

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353