nhk

MotoGP 2020: Semangat Rins Dari Dua Kemenangan 2019

ManiakMotor – Menang dari Yamaha Valentino Rossi dan Honda Marc Marquez, tentu kebanggaan buat Alex Rins. Mengalahkan dua sosok itu hanyalah mimpi buat Rins dengan kendaraan Suzuki. Rossi pemegang juara dunia 9 kali, sedang Marquez juara dunia tahun ini yang sedang kuat-kuatnya.

Tapi bisa dilakukan Rins di MotoGP 2019. Di sirkuit Austin, Amarika dia tekuk The Doctor dengan selisih 0,462 detik. Di Silverstone, Inggris dia libas Marquez dengan sangat tipis 0,013 detik, “Tentu saja saya bangga. Dan itu modal ke depan 2020 lebih baik lagi. Bukan hanya mengalahkan keduanya di salah satu seri, tapi di kejuaraan dunia,” semangat Rins soal targetnya ke depan.

Pokoknya menurut Rins dua kemenangan pada 2019 itu penting dalam sejarahnya sebagai pembalap MotoGP. Karena juara di Austin, itu kemenangan pertama buatnya di MotoGP. Kemenangan kedua di Silverstone, duel rapat dengan Marquez. Menang dari Marquez, artinya bukan hanya mimpi tapi kenyataan.

“Sebab untuk mengalahkan Marc sangat sulit sekali. Bayangkan, di Silverstone itu saya kebanyakan di belakangnya. Sepanjang balapan saya mempelajari kelemahannya. Dan kesempatan itu datang di tikungan terakhir. Bukan tak mungkin ke depan hal-hal begini bisa dijalankan dengan Suzuki,” tambah Rins yang rambutnya rada ikal itu.

Apalagi kata Rins feelingnya dengan Suzuki 2020 lebih baik ketimbang dari Suzuki GSX-RR, tahun-tahun sebelumnya. Ini motor tinggal meningkatkan traksi yang sudah mantap. Juga menambah top speed yang jadi kelemahan Suzuki dengan mesin sejajarnya. “Tahun depan tinggal coba menang sebanyak mungkin. Dan melihat cara kerja motor selanjutnya,” beber Rins yang memuji rekan setimnya, Joan Mir yang mulai kencang. Katanya kalau Joan cepat, otomatis masukan kepada para insinyur makin lengkap. Itu akan menambah performa motor.

Mudah-mudahan begitu. MM

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353