nhk

MotoGP 2021: Morbidelli Cerita Latihan Di Ranch VR46, Roda Belakang Geser-Geser Tambah Skill

Morbidelli (21)

ManiakMotor – Arena Moto Ranch milik Valentino Rossi di Tavullia, Italia memang terkenal. Di sana selain jadi penempaan diri buat Rossi sendiri, tentu saja dengan anak didiknya di VR46 Riders Academy. Banyak faedahnya untuk fisik dan skill buat balap motor dunia seperti diceritakan Franco Morbidelli, salah satu murid tetap VR46 yang di MotoGP 2020 jadi runner-up.

Lokasi yang aslinya bekas lahan peternakan yang dibeli ayahnya Rossi, Graziano Rossi itu, dipermak jadi trek datar rada berpasir, ya seperti supermoto di lintasan tanah. “Latihan di sini, biasanya atas ‘perintah’ dari Vale (Rossi). Dia yang memberi tahu jam harus berkumpul. Saat musim panas biasanya jam 5 sore sampai jam 9 malam. Musim dingin, lebih awal karena cepat gelap,” terang Morbidelli yang 2021 ini satu kubu dengan gurunya di Petronas Yamaha.

Menurutnya, latihan diawali dengan bebas melaju dengan mengukur ketajaman waktu. Itu ada tiga sampai empat sesi. Lalu lalnut dengan lap cepat yang maksudnya kualifikasi untuk menentukan posisi grid. Race-nya bentuk oval atau ‘Race Americana’. Di akhir katanya dengan makan bersama sambil bercanda dan diskusi soal teknis balapan.

“Lintasan datar berpasir ini penting, karena akan terbiasa menaklukan handling dengan roda belakang. Karena saat belok roda belakang belakang lebih banyak berseser. Nanti akan ketemu sendiri arah dan gerakan tubuh megarahkan motor sesuai feeling. Jika terbiasa dengan naluri ini, tidak terlalu kaget bila terjadi pada balapan sungguhan dan sekaligus sering ditemui di lintasan aspal,” terang Morbidelli yang jadi salah satu unggulan 2021.

Baginya dan umumnya murid-murid VR46 Riders Academy, latihan bersama itu selalu ada semangat, ketimbang latihan sendiri. Level yang ikut di sekolah tersebut sangat tinggi. Satu sama lain selalu menjadi terbaik. Itu menurutnya, murid Rossi dan termasuk dirinya terus meningkat.

Bagi Morbidelli, memang motocross yang sering dipakai juga buat latihan para pemain GP, sangat baik. “Namun risiko main motoross lebih besar dibanding trak datar seperti di VR46 Riders Academy,” tutup Morbidelli yang sejak 16 Januari 2021 sudah aktif latihan di tempat tersebut. Bon-1

BACA JUGA

MotoGP 2021: Latihan Bersama, Bradl Pakai RC213V..? Vinales dan Zarco Diganggu Cuaca..!

MotoGP 2021: Wah Ada Kemajuan, Marc Marquez Mulai Duduk Di Jok…

MotoGP 2021: Pesan Pada Quartararo, Jangan Emosian… Tenang Bro..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353