nhk

MotoGP 2021: Teknologi Ducati Terlalu Maju, Pembalap Jadi Ruwet..!

Jack Miller akan menaklukan

ManiakMotor – Disebut Ducati terlalu ‘maju’ dalam teknologi di MotoGP. Misalnya heboh beberapa tahun lalu dengan perangkat holeshot. Ini perangkat seperti turbo awal ketika start. Lalu spoiler roda belakang, penutup roda, dan sebagainya. Makanya ditanyakan pembalap Ducati malah terkendala oleh fitur teknis. Terlalu ruwet..!

Apakah memang begitu? “Pertanyaan yang rumit,” kata direktur sport Ducati si Paolo Ciabatti dalam wawancara eksklusif dengan speedweek.com. “Ketika para insinyur mendesain dan menelurkan teknologi 2020, ternyata keadaan berbeda, ada pandemi. Semua jadi terhambat,” terang Ciabatti.

Sebab menurut Ciabatti saat pandemi semua serba terbatas. Sementara, teknologi terbaru butuh waktu penyesuaian dan penyempurnaan dari teknis dan pembalap. “Intinya hal tersebut bisa didapat pada test dan saat balapan yang normal. Namun 2020 pembalap reguler dan terster tiba-tiba tidak bisa balapan atau tes selama lima bulan dari Februari hingga Juli. Banyak kegiatan konvensional gagal dilakukan. Di saat sama, departemen racing ditutup dua bulan sejak Maret. Makanya Suzuki yang lebih konvensional mudah dikendalikan,” tambah Ciabatti sembari nyindir Suzuki, hehe.

Ciabatti menjelaskan lebih detil. Misalnya, fitur yang canggigih seperti perubahan percepatan persneling, butuh waktu. Terkadang katanya belum langsung jadi alias kasar dan harus dihaluskan. Padahak waktunya sangat mepet oleh jadwal yang padat karena Covid 19.

Baginya, Ducati selalu teratur mengeluarkan gagasan inovatif. “Biasanya sih pesaing awalnya protes, tapi belakangan mereka meniru seperti winglet. Begitu juga spoiler roda belakang, empat pabrikan memprotesnya usai GP Qatar 2019. Sekarang Anda bisa melihatnya, mereka juga menggunakannya. Nah MotoGP 2021 semua harus sama dengan 2020. Itu artinya Ducati punya kesempatan, pembalapnya semakin paham menjalankan fiturnya,” tutup Ciabatti.

Ya ditunggu. Raider

BACA JUGA

MotoGP 2021: Keren, Pol Espargaro Menggunakan Kostum Repsol Honda..!

MotoGP 2021: Brivio Mengadu Mir Dan Marc Marquez, Referensi Juara Dunia..!

Ducati Di MotoGP 2021 Diperkuat 4 Anak Muda, Dua Murid VR46 Saling Bantu..!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353