nhk

MotoGP 2021: Teknologi Suzuki GSX-RR Diakui Sederhana Tapi Fokus..?

ManiakMotor – Dalam omongan direktur sport Ducati si Paolo Ciabatti, katanya pembalap Suzuki bisa juara dunia dan juara tim MotoGP 2020 lantaran teknologinya sederhana.

Pendapat Ciabatti ada lanjutannya alias dibanding dengan Ducati 2020 kebanyakan fitur teknologi yang dikembangkan. Akibatnya, saat pandemi seperti nggak tuntas, karena waktu terbatas. Teknologinya nggak sempat dites panjang dan pembalap tak sempat mendalami karakternya, itu akibat MotoGP 2020 sempat tertunda 5 bulan.

Sementara seperti Suzuki yang tidak banyak melakukan pengembangan dengan pemasangan fitur justru diuntungkan. Dua pembalap Suzuki sudah kenal betul karena nggak banyak berubah dari Suzuki GSX-RR 2019.

Itu diakui manajer tim Suzuki David Brivio sambil nyindir balik Ducati, “Jika Anda fokus pada pekerjaan yang baik pada pada hal dasar, tidak perlu menghasilkan sesuatu yang istimewa. Apalagi dengan yang macam-macam,” kata Brivio pada speedweek yang tentu saja membalikan omongan pada Ducati yang saking macam-macamnya teknologinya justru pembalapnya ruwet sendiri.

Brivio juga mengakui dirinya bukan insinyur mesin, namun dari teropongnya, Suzuki mungkin salah satu motor yang paling sederhana, “Suzuki tidak memiliki banyak item teknologi. Bahkan kami tak punya pengatur tinggi-rendahnya motor. Tahun lalu kami hanya menambahkan perangkat start atau holeshot,” tambah Brivio.

Malah kata Brivio saking minimnya teknologi, mekaniknya becanda GSX-RR mirip motor produksi alias motor yang dijual umum. Tapi Brivio dapat pengakuan dari mekaniknya dengan begitu GSX-RR sangat mudah dikerjakan sekaligus mudah dirakit. Juga sangat cepat saat ingin mengubah seetingan saat di sirkuit, bahkan katanya dengan enteng mengganti mesin.

Brivio kembali lagi menyinggung sederhana tapi fokus dengan arah yang jelas. Dia contohkan pada sasis, “Sasis yang kami gunakan didasarkan pada konsep yang dikembangkan sejak 2014 dan bertahan sampai saat ini. Sasis tersebut yang dikembangkan dari semua aspek, karena pabrikan  Jepang sangat paham,” tutup Brivio dengan senyum khasnya.

Tuh nggak macam-macam tapi fokus. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2021: Teknologi Ducati Terlalu Maju, Pembalap Jadi Ruwet..!

MotoGP 2021: Keren, Pol Espargaro Menggunakan Kostum Repsol Honda..!

MotoGP 2021: Brivio Mengadu Mir Dan Marc Marquez, Referensi Juara Dunia..!

Penasehat Teknik Dorna Yakin, Rossi Lebih Baik Di MotoGP 2021Bersama Petronas…!

 

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353