nhk

MotoGP 2103 (Tes): Ganti Swing Arm dan Fork Baru, M1 Rossi Langsung Oke

ManiakMotor – Pembalap Yamaha Factory Team masuk Aragon, Spanyol, pada Rabu (19/6) menyusul Honda yang sudah lebih dulu sehari di sana. Hasilnya, Valentino Rossi kembali bergairah.

The Doctor bukan tercepat di sana karena masih kalah 0,9 detik dari rekan satu timnya, Jorge Lorenzo. Lorenzo bikin best lap 1:48,076. Itu melampaui rekor sirkuit dan rekor best lap Aragon yang dibuat Casey Stoner (Honda) musim 2011. Tapi, punya Lorenzo tak jadi rekor resmi karena dicatat saat tes.

Mencermati performa Lorenzo sejak GP Mugello yang  memang hebat, pencapaian di Aragon tidaklah mengherankan. Ia sendiri tak merasa surprise dengan kecepatan itu. “Sejak awal motor ini enak betul. Saya sangat percaya diri. Biasanya saya sulit menyusun set-up di trek ini, kini semuanya bagus,” cerita Lorenzo.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Rossi gembira meski tak melaju tercepat. Ia memperoleh hasil yang diharapkan dalam tes ini, yakni penanggulangan kendala pengereman pada M1-nya. Itu yang bikin ia setengah frustrasi di GP Catalunya kemarin. “Aragon bukan trek favorit saya. Tapi, hasil akhir sangat memuaskan. Selama ini selalu kesulitan dengan pengereman, sekarang tidak lagi. Saya tak sabar bertanding di Assen untuk melihat kinerja setingan baru ini di trek berbeda,” ujar Rossi.

Seperti pacuan Lorenzo, M1 The Doctor juga memakai swing arm baru di Aragon namun sedikit lebih kaku dibandingkan punya Lorenzo. Cerita kaku berarti rigid yang menghasilkan motor yang lebih tenang. Tapi tidak dijelaskan apakah lebih panjang, lebih pendek, lebih berat, desain lebih gimana gitu atau titititik..? Yang penting lebih kaku seimbang  dengan penggantian fork depan dan beberapa perubahan detil.

Sebenarnya paket itu, termasuk perubahan besar. Itu sama dengan ganti karakter motor yang berkaitan dengan  distribusi bobot dan kestabilan.  Makanya Rossi sebut pengeremannya sudah membaik. Maklum, lengan ayun, ya bagian dari suspensi belakang, fungsinnya bukan hanya mengayunkan roda belakang yang bekerja sama dengan monosok, tetapi juga penentu frekuensi redaman bersama fork atau sokbreker depan.

Intinya, dengan sebut kaku, kini Rossi merasa mendapat paket yang tidak kelewat agresif dibandingkan sebelumnya dan mengaku mulai pede lagi menyongsong seri balap berikutnya. “Sekarang hanya beda-beda dikit dengan spesifikasi M1 Jorge (Lorenzo),” jelas Rossi.

Wah, The Doctor bikin penasaran saja nih! Ditunggu di Assen deh! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Paket Suspensi Bikin Rossi Paling Nyaman Saat Ini

MotoGP 2013: Yang Aneh-Aneh Dari Anehnya Rossi

MotoGP 2013: Ducati Lama Vs Baru, Sama-Sama (Tak) Mantap

MotoGP 2103 Aragon (Tes): Dominan Hitam, Honda Luncurkan Pacuan 2014

MotoGP 2013 Catalunya (Tes): Crutchlow Ikut Tolak Sasis Anyar Yamaha

BAGIKAN