nhk

MotoGP 213 Furusawa Di Kubu Rossi Di Amrik, Hubungannya Dengan SSG M1..?

 

ManiakMotor – Masao Furusawa memang hanya sepintas disorot tv di paddock Yamaha Factory Racing (YFR) di ronde 9 MotoGP di Laguna Seca, baru lalu. Mantan direktur operasional engineering Yamaha itu, berbaur dengan kubu Valentino Rossi. Hampir bersamaan di Amerika ditegaskan seamless shift gearbox (SSG) akan segera ditest. Apa ada hubungannya ya?

Bukannya sepelekan para insiyur racing Yamaha yang isinya dari semua bangsa. Tetapi Furusawa seorang pensiunan yang masih diperhitungkan ilmunya. Kali-kali saja bisa diminta sumbang saran soal teknologi yang akan di uji paling utama safety-nya  di sirkuit Brno, Ceko, 6 Agustus 2013 mendatang itu. Apakah susunan rasio pada girboks aman sentosa mempertahan tenaga saat perinbdahan gigi di atas 17.000 rpm dan melaju di atas 300 km/jam????

Lho, apa hubungannya Pak Furusawa  dengan pakaian santai datang ke paddock Rossi? “Santai saja bro.  SSG ini akan ditentukan masa depannya saat test di Brno,” kata  Lin Jarvis managing direktur YFR yang tidak bilang santai saja bro. Ia juga tidak menyinggung keberadaan Furusawa di Laguna Seca. Karena omongannya terjadi pada 18 Juli atau tiga hari sebelum race day di Amrik.

 Apa punlah itu, bila Yamaha ingin mempertahankan juaranya  dan berhubung masih ada 9 seri ke depan, SSG seharusnya tidak nembak mulu. Taaar,… tarrr… ntar tahun depan.  Pertarungan mendatang masih ada tiga sirkuit berkarakter mirip Sachsenring dan Laguna Seca dan dua lainnya di tengah-tengah. Indianapolis, Brno atau juga Valencia adalah kekuasaan mirip, walau tidak seganas Laguna Seca yang menanjak.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Yamaha dalam riset rancang bangun SSG memang berbeda dengan Honda. Honda otaknya Shuhei Nakamoto. Nakamoto wakil presiden eksekutif HRC saaat ini adalah mantan teknisi Honda ketika di Formula 1, itu bukan obat hidung tersumbat. Ia membawa SSG ke MotoGP dengan reduksi yang toleransinya nol saat terjadi perpindahan gigi. Nol sama dengan matik loh, lebih dari tanpa jeda.

Material bahan pinion pengisi girboks sudah dimengerti, karena ada di F1. Begitu juga konstruksi dan mekanisme kerjanya. “Saya yakin itu aman, lantaran sudah diuji berkali-kali. Teknloginya tidak menyalahi aturan,” kata Nakamoto saat pertama kali SSG digunakan di tim satelit Honda pada 2011.

Sebaliknya Yamaha harus membuat teknologi ini dari nol, sudah ketinggalan tiga tahun pula dari pesaingnya.  Risetnya kudu buru-buru untuk mengejar ketertinggalan di sirkuit pendek-pendek. Apalagi bila ketemu macam Laguna Seca banyak menggunakan gigi rendah yang ada tanjakan, seperti Valentino Rossi  terkejar Marc Marquez di puncak tanjakkan corkscrew, lalu terjadilah seperti yang dilakukan Rossi pada Casey Stoner 2008. Di saat sama wajah Furusawa tersorot kamera. 

Makanya Jarvis bilang harus dibikin rapi, teliti dan hati-hati.  Entalah ada hubungan dengan Furusawa yang nongol di Amrik atau tidak, belum ada komen apa-apa. Maklum, Furusawa memang dekat dengan Rossi. Omongan soal analis teknik keduanya pun nyambung. Furusawa juga piawai soal analis antara teori dan praktek. Sedang  SSG yang dipasang pada M1 masih lebih banyak teori, karena belum dicoba langsung para pembalap andalannya. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2013: Marquez Kirim Tantangan ke Lorenzo – Pedrosa

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race); SSG Honda Kuat Tanjakan, SSG Yamaha Kata Rossi Tunggu Saja..!

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353