nhk

MotoGP: 4 Tahun Tenggelam, Rossi Lahir Kembali Sebagai Bintang 2014

ManiakMotor – Ini tulisan terakhir dari 10 Besar MotoGP Star of the Year versi pembaca crash.net. Ndak usah ditebak-tebak karena posisi number one jelas ditempati Valentino Rossi seperti tulisan kemarin di portal ini.

Suka nggak suka ya sampeyan harus sukalah,  lebih dari 50.000 responden memilih The Doctor sebagai rider MotoGP paling mengagumkan sepanjang 2014. Ia dapat nilai 9,3 sedangkan Marc Marquez sang juara dunia hanya di perigkat 2 dngan nilai 9. Pasangan Rossi di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, bahkan berada di urutan 6 dengan nilai 6,7.

Rossi memang  layak jadi lewat  perjuangannya. Semangat dan motivasinya yang tinggi menjadi contoh bahwa umur 35 thun belumlah bisa mematikan karir pembalap ke papan atas sepanjang ia jalani dengan benar. Langkah Rossi mengganti Jeremy Burgess sebagai kepala mekanik juga diapresiasi bahwa The Doctor memang betul-betul paham persoalan.

Berbagai kejutan tahun ini membuat Rossi mendapat nilai lebih bagus. Meski hanya dua kali menjadi juara, tapi ia mencapai total 13 kali naik podium. Satu-satunya kelemahannya adalah penampilan di sesi kualifikasi. Dari 18 race, doski cuma 3 kali menempati front row, termasuk satu pole position yang merupakan perolehan pertama sejak 2010.

Intinya, Kang Rossi inilah yang membuat kompetisi 2014 masih terbilang semarak di tengah dominasi Marquez. Marquez sendiri mengakui alotnya tulang perjuangan Rossi pada 2014. “Sulit dipercaya dalam umurnya 35 tahun namun kekuatan fisiknya mengagumkan. Di GP Malaysia yang panasnya luar biasa, ia bisa menekan saya sampai 3 lap terakhir. Saya sangat respek padanya,” komentar Marquez yang 14 tahun lebih muda dan ingin seperti umur Rossi bermain di MotoGP tapi entah bisa atau tidak.

Lorenzo pun memuji rekan setim sekaligus musuh pertamanya itu. Ia menilai banyak kejutan Rosi yang sebelumnya sama sekali tak terduga. “Yang mengagumkan adalah semangat, kepercayaan diri, dan kerja kerasnya. Ia bisa berjam-jam dengan motornya untuk dapatkan setingan terbaik,” puji JL yang pada 2009 dan 2010 menjadi musuh besar Rossi.

Buat Kang Rossi sendiri, ini peringkat terbaiknya dalam lima tahun terakhir setelah tenggelam empat musim berturut. Pada musim 2008 dan 2009 ia terpilih sebagai MotoGP Star of the Year, urutan 3 pada 2010 dn selanjutnya urutan 10 (2011), 11 (2012), dan 6 (2013).

Nah, kalau MM dan JL saja memuji penampilan Rossi, masa sih sampeyan masih tega bilang itu mah kebetulan! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: KTM Ikutan Serbu MotoGP, Sudah Bersiap Bareng Hofmann

MotoGP 2014: Rossi Numero Uno Yang Paling Top Sejagat, Marquez Hanya Ke-2

MotoGP 2015: Hayden Tunggu Dahsyatnya Honda RC213V-RS, Penentuan Karir Selanjutnya

MotoGP: Debat Bahan Bakar Dari ECU 2016, Honda Dikeroyok Yamaha dan Ducati

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353