nhk

MotoGP: Akhir Tahun Kelabu Bagi Rossi, Sibuk Main ke Gunung

 

ManiakMotor – Di dalam sirkuit, Valentino Rossi kurang puas dengan hasil musim 2013. Di luar sirkuit, gelombang duka menyergapnya dengan kasus tewasnya Doriano Romboni pekan lalu.

Ya, akhir tahun ini benar-benar kelabu buat The Doctor. Kenangannya masih kental pada sosok Marco Simoncelli, sang teman karib yang ironisnya justru tewas terbentur pacuan Rossi di GP Malaysia 2011. Dan, dalam rangka mengenang Simoncelli itulah Rossi dan sejumlah pembalap lainnya memeriahkan balapan supermoto di Italia. Rossi sebenarnya tidak turun gelanggang, namun ikut mempelopori event ini dan berada di lokasi. 

Salah satu yang terlibat adalah Doriano Romboni, pembalap beken Italia seangkatan Max Biaggi dan Loris Capirossi. Tambah ironis karena peringatan buat almarhum Super Sic itu justru menambah korban tewas, yakni Romboni yang juga sangat dekat dengan Rossi. Ia tewas akibat kecelakaan  pada sesi latihan sehingga balapan supermoto pada 1 Desember 2013 itu pun akhirnya urung digelar. 

“Sungguh kehilangan kata-kata menyikapi hal itu. Sulit percaya ada nyawa lain yang hilang justru saat kami berkumpul untuk mengenang Marco,” ujar Rossi yang baru kali ini mengomentari kasus tewasnya Romboni. 

Romboni, lanjut The Doctor, bukanlah sosok asing baginya. Rider yang gugur dalam usia 45 tahun itu seperti seoran pahlawan buat Rossi di awal 1990-an kala dirinya masih ABG. “Saat itu GP 250cc sangat terkenal di Italia karena kami punya Max, Loris, dan Doriano di kelas itu. Saya salah satu penggemar berat Doriano dan beruntung bisa mengenalnya secara dekat karena ia adalah teman ayahku (Graziano). Ia selalu bersikap baik padaku,” kenang Rossi. 

Meski sudah dua tahun berselang tewasnya Super Sic, sedihnya Rossi belumlah pupus. Kini tambah lagi dengan kepergian Romboni yang juga di ‘depan matanya’. “Banyak kenangan bersama mereka. Saya sangat sedih, sangat sedih,” tegas Rossi. 

Untuk menenangkan dirinya, maka The Doctor pun mengisi liburnya kali  ini dengan mainan baru. Yakni main ke puncak gunung dan meluncur di atas salju dengan snowbarding. Andro

BACA JUGA

Asia Talent Cup; Ke Aragon Coba Honda NFR250, Semua Ditanggung Dorna

MotoGP: Pulang dari Jakarta, Lorenzo Masuki Istana Baru di Barcelona

MotoGP: Marquez ‘Buang’ Mekanik Eks Stoner 2014, Gantinya Rombongan Moto2

MotoGP: Geber M1 Sesuai Maunya, Rossi Yakin Galak di 2014

 

BAGIKAN