nhk

MotoGP Amerika 2017: Dominasi Marquez Di Austin, Ditekan Vinales & Rossi

93 Marquez 2017-3
ÿþ

ManiakMotor – Ada tiga pembalap yang punya peluang di kejuaraan dunia MotoGP 2017. Itu melihat dua seri lalu. Marc Marquez masuk dalam trio ini walau sejarahnya, posisi seperti Marquez nggak pernah ada yang lolos juara dunia. Maksudnya, usai seri kedua berada di klasemen ke-8. Pernah ada di MotoGP yang juara dunia usai seri dua posisi ke-4 dilakukan Jorge Lorenzo 2015, itu pun kontroversial lewat ‘bantuan’ Marquez.

Tapi balapan masih berlangsung dan masih ada 16 seri di depan. Salah satunya di sirkuit Austin, Amerika pada 22-23 April 2017 ini. Sirkuit ini empat tahun berurutan dipaku Marquez. Dia luwes bermain di Austin. Bahkan pernah dibilang, Austin dibuat persis karakter Marquez. “Austin bagi saya salah satu sirkuit terbaik dalam kalender. Lintasan ini punya sudut-sudut yang berubah mendadak dan menanjak tiba-tiba (elevasi). Lebih suka lagi, kalau juara,” cocor Marquez.

Marquez harus lekas membenahi klasemennya. Itu demi mental juaranya. Mental melawan sejarah tadi, soal sejarah ini pernah ditulis di sini, coba klik saja ini. Tinggal motor yang dituntut dari Marquez. Mengingat mesin big-bang pada RC213V sekarang, lebih doyan di rpm tinggi. Sementara dengan perubahan mendadak, artinya banyak pengereman deras di Austin. Namanya ngerem deras, pasti motor dari laju menjadi melambat dan lanjutannya butuh akselerasi. Justru akselerasi tersebut yang jadi persoalan big-bang. Katanya sih begitu.

Lawan Marquez bukan hanya dirinya yang harus mempertahankan predikat King of Austin, juga melawan set-up motor, dan tentu saja lawan benaran. Austin adalah sirkuit fisik yang cocok dengan Marquez saat ini. Tetapi gaya seperti Marquez sudah bertelur. Riding style Marquez itu, bisa dilakukan siapa saja di MotoGP, termasuk Valentino Rossi. Elbow down dan menegakan motor sembari badan gelantungan sudah merupakan gaya lumrah.

Apalagi ditanya pada Maverick Vinales yang dari segi fisik sama-sama muda dengan Marquez. Pengamatan justru M1 Vinales sekarang yang doyan akselerasinya dibutuhkan. Mirip-mirip dengan M1-Rossilah. Pendeknya, Rossi dan Vinales, dua sosok yang boleh memutus juara Marquez dalam empat tahun berturut di Austin, juga menjadi penentuan Marquez melawan sejarah tadi. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353