nhk

MotoGP Amerika 2017: Rossi Amati Kecepatan Free Practice, Patokan Lomba

46-valentino-rossi-itabl2_9253

ManiakMotor – Ada perbedaan  omongan Valentino Rossi di jumpa pers dan rilis masuk GP Amerika. Di jumpa pers dia masih akan memahami data M1 pada lomba Argentina yang dianggap sakses sekali. Di sisi lain pada rilis buatan Yamaha Movistar, dia punya modal temua besar tahun lalu.

Monggo, semua data itu dikombinasi. Namanya juga tim elite yang SDM mekaniknya punya pengetahuan untuk itu. Ditambah pula sosok Rossi yang berjuluk The Doctor. “Sirkuti Austin ini sangat spesifik. Sirkuit yang saya suka, tapi kurang fantastis dari segi hasil. Tahun lalu sebenarnya kompetitif, sayang jatuh. Mari lihat kecepatan sesi latihan tahun ini,” sebut Rossi di tempat terpisah dari jumpa pers wajib yang diadakan di Texas pada Kamis 20 April di sana.

Jumat 21 April 2017 di sana sudah dimulai FP1 dan FP2. Rossi biasanya mulai mendeteksi kecepatan untuk lomba tanpa harus kebut-kebutan sesi FP atau free practice. Kan begitu dua seri berlalu. Payah di sesi latihan, bahkan di Argentina lewat Q1, tapi di lomba berada di baris depan.

Ingat, saat latihan tersebut time Rossi sudah dekat kecetapan rata-rata lomba. Bukan kecepatan single yang biasanya lebih kencang 1.5 detik. Siapa tahu begitu maksudnya.

Rossi mengakui Austin adalah sirkuit untuk menguji stabilitas motor dan endurance jokinya. Katanya ada 20 tikungan yang setiap tikungannya punya tipikal berbeda. Belum lagi, ada yang menanjak mendadak dan pasti ada turunan. “Dalam satu lap di Austin terasa lama. Itu butuh fisik dari pengendara dan daya tahan ban,” jelas Rossi pada sirkuit yang catatan tercepatanya 2 menit 3 detik sekian-sekian tersebut.

Okelah, yang jelas Rossi menunjuk Marc Marquez yang kudu dilawan di Amerika. Marquez katanya sejak test pramusim 2013 sudah sangat cepat di Austin dan sampai tahun lalu juaranya. Tentu saja, orang Italia itu juga harus berstrategi di klasemen bersaing dengan rekan setimnya, Mavarick Vinales. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353