nhk

MotoGP Aragon 2016 Jelang FP1/FP2: Andalan Marquez Main Kencang

Marc Marquez Aragon 2016

 

ManiakMotor – Kemampuan Marc Marquez di Aragon jangan diragukan deh. Bila dia sekadar bermain aman persis di belakang Valentino Rossi, rasanya sangat enteng buat joki Repsol Honda Team tersebut. Main aman itu demi menjaga point klasemen agar hanya terkikis sikit. Tapi Marquez bukan tipe pengalah, moga begitu agar menarik.

Sebabnya, sirkuit Aragon sebenarnya Marquez bangat bersama motor pegangannya. Boleh dilihat sejak dia masuk ke MotoGP 2013, Marquez jadi pemegang best lap Aragon. “Tentu saja saya akan tampil maksimal di Aragon. Ini sirkuit sangat saya kenal,” sebut Marquez  yang saat ini masih memimpin 43 point terhadap Valentino Rossi.

Marquez sejak masuk ke MotoGP langsung namanya tercatat soal singkat-singkatan waktu di Aragon. Tadinya, itu best lap sirkuit milik Casey Stoner dengan 1’48.451 yang dicetak 2011. Tapi saat Marquez ada di MotoGP 2013 langsung dibikin jadi 1’47.804 ketika Q2. Dia pun juara pada tahun itu juga.

Lantas 2014 dipersingkat lagi oleh Marquez menjadi 1’47.187 ketika kualifikasi. Sayang di tahun itu dia jatuh bersamaan dengan Dani Pedrosa saat lomba hujan turun mendadak. Tahun lalu juga begitu, best lap itu dipertajam lagi   menjadi 1’46.635 yang sampai sekarang bertahan. “Sayang pula tahun lalu saya nggak finish,” tambah Marquez saat menuju ke Aragon dengan jalan kaki, eh naik mobil ke Aragon. Maklum, itu Aragon di negaranya. Maka kirain dia jalan kaki.

Itulah gambaran Marquez akan tampil di Aragon pada 25 September 2016 ini dalam rangka ronde 14 MotoGP. Artinya, mengebut dengan kencang saja Marquez sanggup di Aragon, apalagi hanya bermain cari aman.

Iya ya, tapi ingat itu masih dengan aturan lama dan ban lama. Tahun ini aturan sudah berbeda bersama bannya. Jadi apa saja bisa terjadi seperti 8 seri lalu, ada delapan pembalap berbeda berdiri di podium pertama. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016