nhk

MotoGP Aragon 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Pedrosa Punya Mainan Menikung Kiri

Dani Pedrosa GP Aragon 2016

ManiakMotor – Yakin dengan motor, akan yakin pula menjalankan jurus balap. Begitu Dani Pedrosa pada hari pertama di GP Aragon, Spanyol pada Jumat 23 September 2016. Apalagi Aragon sirkuit yang mengarah ke kiri alias berlawanan arah jarum jam.

Alasan Pedrosa selama ini RC213V-nya sulit dipakai menjalankan jurusnya, bisa saja sudah sembuh. Ya motornya yang sembuh, bisa dipakai jurus ampuh Pedrosa meluncur deras keluar tikungan sesuai keahliannya di atas motor. Fakta itu saat Pedrosa juara di Misano dan diteruskan pada hari pertama di Aragon, “Sesi pagi (FP1) grip sangat kurang, pada sesi sore (FP2) juga demikian, tapi agak mendingan,” kalem Pedrosa yang memang kalem pembawaannya.

Pedrosa keluar tercepat di FP2 di akhir sesi dengan melewati catatan Marc Marquez, rekan setimnya di Repsol Honda Team. Kedua motor Honda ini memang mendominasi di FP1 dan FP2. Keduanya yang memulai mencetak 1:48. Lantas di akhir sesi FP2 diperkecil oleh Pedrosa menjadi 1’48.429 atau meninggalkan Marquez 0,065 detik yang kedua.

Wajar pula Pedrosa bisa bercerita banyak di Aragon, selain sirkuit anticlock wise memang kesusakaannya. Dia pembalap kidal yang otak kirinya lebih baik. Butktinya Pedrosa kerap podium di Aragon. Dia pernah juara pada 2012 dan tahun lalu kedua. Di saat sama dia tuan rumah yang punya mental tersendiri tampil di depan keluarganya dan orang-orang sebahasa dengan dirinya.

Namun Pedrosa tetap eling wospodo, bahwa tercepat di FP2 belum jadi jaminan apa-apa. Dia harus melanjutkan susunan setingan motornya pada Sabtu 24 September 2016 menghadapi FP3, FP4 dan kualifikasi. “Terutama tetap memperbaiki grip ban, walau seiring sirkuit banyak dilewati peserta grip juga meningkat,” tutup Pedrosa.

Mantap kalau begitu. Ito

Hasil MotoGP Aragon, Spanyol, Moto2, Moto3, 23 – 25 September 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016