nhk

MotoGP Aragon 2016 Jelang Race: Rossi Target Podium, Ragu Libas Marquez Kecuali Ini

ManiakMotor – Meski start dari urutan keenam pada event Gran Premio Movistar de Aragon, Spanyol, nanti siang (malam di Indonesia, 25/9), Valentino Rossi telah menargetkan podium. Tapi, The Doctor mengaku pesimis bisa menaklukkan Marc Marquez, apalagi di depan pendukungnya. Ya, kecuali ada faktor lain.

Rossi yang kini menduduki peringkat kedua sementara dengan 180 angka sangat ragu bisa melibas Marquez di putaran ke-14 ini. Pebalap Honda itu, katanya terlalu kuat dan mendominasi, mulai dari sesi latihan bebas sampai kualifikasi.

“Saya kurang senang start dari posisi keenam. Tadinya, saya pikir saya bisa melakukan yang lebioh baik. Ternyata, ya seperti ini,” paparnya. Padahal, ketika FP4 dirinya sempat membayang di belakang Marquez. Paling tidak, di kualifikasi bisa mempertahankan posisi itu. Nyatanya, tidak dan melorot keenam.

Disinggung kecepatan Yamaha M1 bisa mengimbangi Honda RC213V, diakui VR sangat berat. Saat ini, tegasnya, Marquez sangat kuat. “Sudah kecepatannya bagus, dia start dari pole position,” sebut Rossi.

Hal senada juga disampaikan rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang start dari baris depan. Peringkat ketiga klasemen itu melihat Marquez seperti satu langkah atau bahkan dua berada di depan. “Pokoknya, cukup sulit,” tegas Lorrenzo sebagai pemenang tahun lalu.

Kunci untuk memenuhi target podiumnya, Rossi sangat bergantung pada pemilihan ban yang tepat. Diakuinya, banyak pilihan. Tapi, rencananya ia akan memasang kompon keras pada bagian belakang.Bagaimana depan?

Ini yang belum disebutkannya. Tapi, bila ia tidak ingin tertinggal terlalu jauh, ya harus pakai kompon lunak. Tidak perlu takut cepat aus, karena gaya balap Rossi cukup halus. Itu, jika kondisi cuaca terik.

Yang ditakutkan Rossi bila dingin. Mau tak mau ia harus berlaih ke medium. Lain hal hujan. Inilah yang disebut di atas faktor lain. Peluangnya melibas Marquez cukup besar. Soal insiden yang dialaminya, diakui tidak menggangu konsentrasi saat balapan nanti.

Mari kita tunggu! Rezki

BAGIKAN