nhk

MotoGP Aragon 2017: Marquez Bisa Menang Di Jepang, Asal Gaya Balap Motorland Dipakai

Marquez, Motegi, Motogp

ManiakMotor – Menang di Aragon, kemarin (24/9) punya poin penting buat Marquez. Pertama, ia bisa menggunguli pesaing utamanya Dovizioso dengan 16 angka. Kedua, membuka lebar peluangnya merebut gelar juara dunia 2017. Karena, seri di Motegi, Jepang, pertengahan Oktober merupakan rumah Honda. Terlebih, jika ia membalap seperti di ronde ke-14 lalu, mahkota juara akan cepat jatuh ke tangannya.

Start dari posisi kelima, ditambah dua kali jatuh di latihan dan kualifikasi, tentu berpengaruh pada penampilan Marquez. Apalagi saat balapan ia memilih ban belakang keras, sudah barang tentu tak akan berani memacu motor maksimal di lap-lap awal.

Penonton dari layar kaca (televisi) melihat andalan Honda ini begitu tenang mengendalikan RC213V. Padahal, racing line acap berubah. “Kalo menikung ke kiri merasa baik, tapi yang ke kanan benar-benar kritis dengan roda depan dan hampir jatuh berapa kali,” kenangnya.

Kalo kita menonton dari layar kaca, sepertinya pembalap 24 tahun ini begitu tenang dan nyaman sama motornya. Ia telah membuat beberapa kesalahan dan banyak mengambil risiko. Termasuk mencoba menyalip Rossi, sehingga ke luar tikungan jadi melebar.

Marquez mengakui bahwa konsentrasinya sempat terbelah masuk pertengahan lomba, antara mempertahankan posisi podium (bisa kesatu atau ketiga) dan mendorong raih kemenangan.Pilihannya pun yang terakhir, “Ketika saya menangkap Lorenzo saya bilang oke sekarang saatnya mendorong ke depan,” bilang Marquez. Pertimbangan lain, rekan setim Pedrosa kian kencang di belakangnya dan kedua ingin memuaskan pendukungnya di kandang sendiri.

Artinya, balapan di ronde-14 (Motorland)  ini Marquez telah menunjukkan ketenangan dan bisa menjaga emosi. Bila karakter seperti ini dilakukan lagi di Motegi, kian dekat menyandang juara dunia keempatnya. Apalagi trek di Jepang itu milik Honda. Rezki

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-aragon-2017-22-24-september-moto2-moto3/

BAGIKAN