nhk

MotoGP Argentina 2017 Jelang FP1: Yang Banyak Modalnya Sih, Rossi Dan Marquez

46 rossi vs 93 Mm Arg2017

ManiakMotor – Kandidat di Argentina tentu saja Valentino Rossi dan Marc Marquez. Tiga kali MotoGP diadakan di Termas rio Hondo, keduanya yang bisa juara di situ. Duet beda merek itu, punya modal penguasaan terhadap sirkuit 4.8 km dengan 14 tikungan tersebut.

Selanjutnya keduanya tinggal menyusun set-up tunggangan masing-masing sesuai teknologi komponen yang ter-update. Pasti juga dikawinkan dengan data tahun lalu. “Tahun lalu sebenarnya punya peluang. Sayang kesulitan pada grip. Tahun ini yakin dengan perbaikan motor dari Qatar,” tegas Rossi yang juara di negara Maradona itu 2015 dan tahun lalu kedua. “Termas bukan Losail. Losail kurang damai dengan motor dan gaya saya. Sedang di Termas lebih bersahabat, tapi tetap bekerja keras,” timpal Marquez yang juara di Termas 2014 dan tahun lalu.

Bekerja keras yang akan dilakukan Marquez, ada benarnya. Dia harus mencocokan kembali RC213V Big Bang pada sirkuit Termas. Artinya, itu motor baru dari segi rangka dan mesin. Data big bang Honda di Termas belum ada. Kan tahun lalu Honda menggunakan mesin screamer. Namun jangan khawatir, mesin big bang suka akan lintasan cepat seperti Termas.

Sebenarnya Rossi boleh diuntungkan. M1-nya memang diklaim baru, tapi tidak se-ekstrem RC213V. Rossi masih boleh bongkar data tahun lalu yang regulasinya sama dengan tahun ini. Apalagi seperti yang diaku-aku Rossi motornya membaik stabilitas depan sejak Jumat di Qatar. Jumat ketika FP3, namun tak sempat dicoba untuk FP4 dan kualifikasi di Qatar.

Jelas saja, dua mantan juara Argentina itu akan saling tantang. Yang lain juga nggak mau kalah, macam Andrea Dovizioso penggeber Ducati. Dia mengaku motornya pas untuk digeber di Termas dan memang sempat kedua 2015. Belum lagi Andrea Iannone yang masih penasaran akan Suzukinya. Nah yang terakhir si Maverick Vinales yang sebenarnya bebannya sama dengan Marquez. Keduanya sama-sama dari nol membangun setelan motor di Argentina. Beda dengan Qatar yang sudah awali dengan tes.

Untuk itu tunggu saja FP1 dan FP2 MotoGP nanti Jumat 7 April 2017 malam sampai dini hari. Lalu lombanya Minggu 9 April 2017. Miolo

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353