nhk

MotoGP Argentina 2019: Honda, Posisi Duduk Pemblap Pun Bagian Dari Aerodinamika

Posisi duduk pun aerodinamika

ManiakMotor – Menyusul dilegalkannya spoiler pada lengan ayun Ducati, maka aerodinamika akan menjadi fokus MotoGP ke depan. Terlepas spoiler Ducati tersebut untuk downforce atau memang asli untuk mendinginkan ban, tapi fakta spoiler tersebut  memanfaatkan angin. Maka peserta MotoGP akan banyak berkutat meminjam angin membantu performa motor.

Itu yang bicara Takeo Yokoyama, Manajer Proyek MotoGP HRC. Katanya, tanpa mengabaikan perangkat lain, aerodinamika jadi bagian kompetisi ke depan, “Aerodinamika ilmu aliran udara untuk mempengaruhi laju motor. Penyamaran angin ini memanfaatkan semua sayap pada motor, tetapi itu sayap-sayap bukan satu-satunya alat aerodinamika. Bahkan posisi duduk pembalap juga memainkan peran utama pada aerodinamika,” kata Yokoyama.

Maksud posisi duduk adalah mengatur badan, tangan, kaki bahkan sampai kepala pembalap saat melaju, jangan sampai menerpa udara dan jadi penghambat. Kalau perlu bentuk badan pembalap ketika melaju ikut jadi aerodinamika juga. Makanya, pembalap di trek lurus tiarap, paha diapit ke bodi motor dan tangan bagian siku mengatup pada dengkul. Itu maksudnya aerodinamika dari pembalap bro.

Saat ini aerodinamika yang berkembang adalah winglet. Alat ini berhasil memanipulasi yang mampu mengurangi wheelie atau roda depan motor terangkat terutama saat berakselerasi ke luar tikungan. Kontak roda depan juga tetap terjaga, walau ada kompromi di bidang lain, misalnya terhambatnya top speed.

Fakta, aturan aerodinamika ini dibatasi tahun ini, terutama penggunaan winglet, “Kami (Honda) punya pertimbangan konsep dan solusi. Sebab, di setiap trek berbeda, manipulasi udaranya juga berbeda. Yang pasti, di semua trek akselerasi jauh lebih penting dan itu harus diprogram pada aerodinamika,” papar Yokoyama yang yakin aerodinamika ke depan semakin rame.

Itu namanya menunggang angin. M11

BACA JUGA

Jelang MotoGP Argentina 2019: Dovizioso Tingkatkan Kecepatan Tikungan GP19, Lega Keputusan FIM

Jelang MotoGP Argentina 2019: GSX-RR Pesat, Rins Percaya Diri Di Termas de Rio Hondo

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ayo Vinales, Kencang Jangan Latihan Dan Kualifikasi Saja

Jelang MotoGP Argentina 2019: FIM Nyatakan Legal Perangkat Pendingin Ban Ducati, Point Dovizioso Aman

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353