nhk

MotoGP Argentina 2019: Rossi Puji Terobosan Spoiler Ducati, Artinya Pintar..!

ManiakMotor – Valentino Rossi mengaku tak begitu mengikuti ‘ribut-ribut’ spoiler di lengan ayun Ducati. Termasuk alasan Yamaha menarik diri dari protes dan nggak ikut bersama Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM. Sebab dia sibuk juga dengan masalah motornya sendiri ketika di Losail.

Itu dijelaskan Rossi di sela jumpa pers MotoGP Argentina pada Kamis 28 Maret 2019. Katanya, kalau dilihat dari hasil banding di FIM dan efeknya, terobosan spoiler pada lengan ayun Ducati perlu dihargai, “Artinya Ducati pintar mencari celah. Saya sendiri kurang menyimak lebih dalam pada kasus ini, karena sibuk dengan motor sendiri,” kata Rossi yang menyarankan tanya Yamaha langsung alasan mereka nggak ikut protes.

Bagi Rossi beberapa tahun belakangan, Ducati memang kreatif mencari terobosan agar merek ini bersaing. “Makanya mereka sekarang kuat dan kompetitif. Mereka punya akal mencari jalan sendiri. Mungkin, spoiler termasuk dalam bagian tersebut. Di mana pun, namanya balapan harus lebih cepat dari yang lain,” tambah Rossi yang kembali bicara lebih fokus pada M1-nya yang butuh dikembangkan.

Lantas dia bicara kansnya di GP Argentina. Menurutnya masih perlu kerja keras dan cerdas. Sebab, M1 2019 belum sesuai yang dia inginkan. Dia mencontohkan hasil sesi latihan dan kualifikasi di Qatar yang M1-nya sangat buruk. Untung saja saat race bisa ke-5 walau start dari grid 14. Tapi itu katanya sudah bermain tingkat dewa, eh maksudnya dorong habis.

Sirkuit Termas de Rio Hondo bagi Rossi lintasan yang unik. Layout yang spesial dengan aspal yang punya karakter sendiri, “Belum lagi cuaca yang dengan mudah berubah. Ini tantangan untuk membangun set-up motor sampai cocok,” pungkas Rossi yang tetap berharap M1-nya maju sesuai keinginannya. M11

BACA JUGA

FP2 & FP2 MotoGP Argentina 2019: Spoiler Lengan Ayun Ducati Turunkan Suhu Ban 7 Derajat, Inspirasi Sayap M1

Konferensi Pers MotoGP Argentina 2019: Dovizioso Berjuang, Marquez Percaya Diri, Dan Rossi Harap Kering

MotoGP Argentina 2019: Honda, Posisi Duduk Pemblap Pun Bagian Dari Aerodinamika

Jelang MotoGP Argentina 2019: GSX-RR Pesat, Rins Percaya Diri Di Termas de Rio Hondo

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ayo Vinales, Kencang Jangan Latihan Dan Kualifikasi Saja