nhk

MotoGP Assen 20 MotoGP 2016 Jelang: Pegang Rekor Assen, Rossi Unggul Skill

ManiakMotor – Aslinya lintasan Sirkuit Assen sepanjang 6 km lebih dikit dan sempit. Lantas dimodifikasi menjadi hanya 4,542 km. Tapi lay out tikungan tidak meninggalkan karakter cepatnya. Kendati ada 16 tikungan, tapi kudu dilibas kecepatan tinggi. Karena itu, Assen menjadi sirkuit cepat yang teknikal. Teknik melipat-lipat motor pada kecepatan tinggi.

Soal skill, asti tak ada yang ragukan Valentino ‘The Doctor’ Rossi. Mau nunggang Honda kek, Yamaha kek, Kang Rossi tetap jadi raja di Assen. Ia pemegang rekor menang terbanyak di GP Belanda. Di kelas para raja saja sudah 7 kali juara, termauk tahun lalu. Sekali dengan Honda pada 2002, sisanya dengan Yamaha. “Catatan itu tak berpengaruh apa-apa, tetap harus kerja keras sejak sesi FP. Semua race tahun ini sangat ketat dengan persaingan terbuka, hasilnya sulit diprediksi,” katanya lewat rilis resmi Movistar Yamaha ke portal ManiakMotor.

Kemenangan Si Akang pada tahun lalu tentu masih terbayang di benak fans MotoGP. Itu diraih dengan drama TEGANG versus Marc Marquez di lap dan tikungan terakhir. Selain pegang rekor terbanyak juara, Rossi juga pemilik rekor pole dan fastest lap. Kalau sebut pole, sudah pasti best lap di Assen. Itu tahun lalu loh. Tahun ini, kelihatannya Rossi sangat percaya terhadap motornya mau diajak sesuai skillnya. Kendati mengejar rekor catatan waktu tahun lalu sulit, karena perbedaan regulasi.

Pantas Rossi  lagi-lagi difavoritkan. Tapi, Rossi tak ingin takabur dengan catatan masa lalu itu meski karakter Assen sangat ia sukai. Sebagi pembalap yang profesinya dibayar, ia mengaku siap luar dalam. Kemenangan di Catalunya membuatnya makin bersemangat cari menang di Assen. 

Tujuannya tetap berada di jalur perebutan gelar 2016. Satu-satunya yang masih tanda tanya di benaknya adalah kinerja sasis dan swing arm baru M1 yang telah dicoba di Catalunya. Apakah akan lebih banyak mudarat dibandingkan manfaatnya akan ditelaah pada sesi latihan awal. Yang Rossi inginkan dari piranti baru itu adalah stabilitas kenyamanan tanpa membuang kelincahan M1 di tikungan cepat, tikungan mayoritas di Assen. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Assen 2016 Jelang: Deg-Degan ke Tanah Penjajah, Lorenzo Harap Keberuntungan

MotoGP Assen 2016 Jelang: Sejenak Lupakan Piala Eropa, Marquez Masih Uji Knalpot Baru

MotoGP 2016 Jelang Assen: Valentino Rossi Punya Tiga Peluru untuk Menang di Assen. Ini Dia

MotoGP 2016 Jelang Assen : Penampilan Rossi dan Marquez di Assen akan Diawasi

BAGIKAN