nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang Balapan: Rossi Takut Saat Balapan Harus Ganti Pakai Mesin Kedua

Maniak Motor – Valentino Rossi sudah mempertontonkan briliannya di sesi kualifikasi dengan merebut posisi start kedua, kemarin. The Doctor berharap saat lomba Minggu 26 Juni 2016, trek Assen di Belanda kering, karena merasa kompetitif. “Tapi pun treknya basah, saya tetap kompetitif,” tegasnya. Namun, bagaimana bila permukaan lintasan tanggung yang memaksa pembalap harus pakai ban intermediate.

Itu yang agak ditakutkan Vale. Disebut agak, berarti nggak risau amat. Tetap saja dia berdoa saat balapan nanti kering sekali ato basah sekali. Soalnya, sampai seri 7 ia sudah menjajal ban intermediate di saat kualifikasi kemarin. Tapi kalau balapan atau saat sesi tes sebelum seri 2016 bergulir, belum pernah tuh. “Sunggguh, saya tidak tahu merasakannya dalam lap-lap yang panjang. Ini benar-benar sulit membuat pilihan ban dengan kondisi kering, basah, dan juga intermediate,” kata Rossi yang sepertinya memainkan perasaan lawan-lawannya.

Rossi mengambil contoh balapan 2014 di Assen. Demi keselamatan, para pembalap masuk pit untuk menukar ban hujan dengan slick, lantaran lintasannya antara kering dan basah. “Saat itu, ban intermediate justru lebih baik,” kenang Rossi.

Rossi juga cerita soal pembalap dipaksa beralih ke mesin kedua (motor cadangan) bila terjadi flag to flag. Pertama soal irama kedua mesin pasti berbeda antara motor utama dan cadangan. “Lalu seberapa cepat pergantian itu, karena dalam 5 menit kondisi di trek benar-benar berbeda,” tegas Rossi.

Soal irama mesin ini pernah terjadi di Argentina, walau bukan masalah hujan, tapi daya tahan ban dengan balap harus masuk pit. Saat menggunakan motor kedua, irama Rossi jadi berubah. Berubah karena pakai motor cadangan yang harus dibangun baru lagi ritme menunggangnya. “Perlu penyesuaian dengan motor sampai dua lap. Lebih penting, Anda harus punya perhitungan yang tepat masuk pit,” tutupnya.

Kalau sudah ditutup, ya sudah. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016 

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong 

MotoGP Assen 2016 Jelang Race Basah Dan Kering, Rossi Tetap Hayoooo, Goooo…! 

MotoGP Assen 2016 Q2: Dovizioso Pole, Rossi Kedua, Marquez Ke-4, Lorenzo 11 

MotoGP Assen 2016 FP3: Dovizioso Tercepat, Marquez Ke-2, Rossi Tertolong Sasis, Lorenzo 10

BAGIKAN