nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang: Deg-Degan ke Tanah Penjajah, Lorenzo Harap Keberuntungan

 

ManiakMotor – Lay out Sirkuit Assen yang banyak tikungan cepatnya selama ini cenderung menguntungkan M1. Apalagi Jorge Lorenzo yang mengakui Assen memang cocok dengan karakter M1. Ironisnya, ia malah acap apes di Assen.

Bisa jadi, sirkuit cepat Assen berbeda dengan cepatnya Mugello misalnya. Walau cepat, tapi dalam kecepatannya itu butuh manuver yang gesit pula untuk mengubah arah tikungan. Bayangkan saja, ada 16 tikungan Assen, bandingkan dengan Mugello yang lebih panjang hanya 15 tikungan. Karakter yang bertolak dengan Lorenzo.

“Ada saat manis dan pahit di Assen. Begitu pun apes di Catalunya tempohari yang sangat menyakitkan. Saya ingin lupakan semua itu dan masuk Assen dengan suasana baru. Ini kali pertama balapan berlangsung pada Minggu di Belanda. Semoga itu jadi hari keberuntungan,” kata JL yang sudah dilengserkan Marc Marquez dari  pimpinan klasemen sementara dan dipepet rekan satu tim, Valentino Rossi, dengan selisih 12 poin.

Wajar JL selalu deg-degan masuk Assen jika ingat-ingat lagi reputasinya di trek asli Belanda itu. Ya, asli karena tanahnya milik Belanda sendiri, bukan hasil jajahan hehe! Meski penyandang tiga kali jurdun MotoGP, prestasi JL sama sekali kurang semerbak di Assen. Sejak main di kelas raja pada 2008 sampai sekarang, JL hanya sekali mampu juara di Assen.

Itu pun masuk katagori ‘setengah’ lantaran diraih pada musim 2010, saat Valentino Rossi tak bisa balapan di Assen akibat cidera dari Mugello. Berturut musim 2012 dan 2013, misalnya, JL apes nian di Assen. Selepas start pada musim 2012, ia diseruduk Alvaro Bautista dan saat itu juga langsung out of the race. Tahun berikutnya doski kecelakaan hebat di sesi latihan  di lintasan basah dan membuat tulang belikatnya patah. Meski demikian ia masih bisa ikut balapan dan finish ke-5.

Lorenzo harus mengatasi Marquez dan Rossi agar tak memetik poin penuh di Assen. Seperti Rossi, JL juga bawa bekal sasis dan swingarm baru buat M1-nya, tapi digunakan atau tidak tergantung hasil di sesi latihan. Dan, satu hal lagi yang bikin JL deg-degan masuk Assen, yakni hujan. Maklum, doi bukan termasuk pembalap katagori rain master. Buktinya ya kecelakaan pada 2013 itu. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Assen 2016 Jelang: Sejenak Lupakan Piala Eropa, Marquez Masih Uji Knalpot Baru

MotoGP 2016 Jelang Assen: Valentino Rossi Punya Tiga Peluru untuk Menang di Assen. Ini Dia

MotoGP 2016 Jelang Assen : Penampilan Rossi dan Marquez di Assen akan Diawasi

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marc Marquez Menghibur Diri, Sesuatu Belum Beres Pada Motornya

BAGIKAN