nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang: Dominasi Fans The Doctor, Kejar Laba di Hari Minggu

ManiakMotor – Keunikan GP Belanda sebagai satu-satunya seri MotoGP yang berlangsung hari Sabtu, berakhir pada edisi 2016. Mulai tahun ini, raceday TT Motul Assen berlangsung normal, sama dengan seri lain, diawali sesi FP pada Jumat sampai raceday Minggu. Ternyata oh ternyata, perubahan itu tak lain untuk cari keuntungan.

Seperti sampeyan semua tahu, sejak dulu kala GP Belanda dimainkan Sabtu agar umat yang beribadah Minggu di Kathedral dekat sirkuit tidak terganggu lantaran semua jalan tertutup. Sekarang sudah diatur jalan tersendiri menuju gereja itu sehingga ibadah tetap lancar di Minggu pagi. Waktunya pun sedikit disesuaikan agar tak terlampau bising oleh knalpot racing yang begitu nyaring.

Tujuan perubahan ini tak lain adalah upaya meningkatkan jumlah penonton GP Belanda, terutama dari negeri-negeri tetangga. Khususnya lagi Italia yang punya sosok Valentino Rossi dan sampai saat ini menjadi magnet utama MotoGP. Selama ini pun penonton GP Belanda pun mayoritas pendukung Rossi.

Sirkuit Assen bisa menampung 100 ribu penonton, 60 ribu dengan tempat duduk di tribun dan sisanya ‘gelar tikar’ di rerumputan. Ironisnya selama ini tak pernah full karena dua sebab. Pertama karena tak ada local hero dalam arti pembalap tuan rumah yang bisa menyedot penonton.

Kedua, format lama membuat penonton luar Belanda harus bolos satu atau dua hari (Kamis dan Jumat) untuk datang menonton. Nah, dengan jadwal baru ini, maniak MotoGP dari Italia bisa berbondong naik kereta pada Jumat petang dan selanjutnya asyik menikmati kualifikasi pada Sabtu dan raceday pada Minggu, tentunya tanpa harus bolos lagi. “Kami perkirakan akan ada peningkatan penonton sekitar 10%,” ucap pengelola sirkuit soal perubahan hari pertarungan dari Sabtu ke Minggu itu.

Selain peningkatan jumlah penonton, tujuan lain adalah meningkatkan peran media peliput. Diyakini kalau liputan pada Jumat sampai Minggu lebih efektif ketimbang Kamis sampai Sabtu, dan itu bikin sponsor senang. Yuk ditunggu, bisakah perhelatan pada 26 Juni ini menembus angka 100 ribu penonton? Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Assen 20 MotoGP 2016 Jelang: Pegang Rekor Assen, Rossi Unggul Skill

MotoGP Assen 2016 Jelang: Deg-Degan ke Tanah Penjajah, Lorenzo Harap Keberuntungan

MotoGP Assen 2016 Jelang: Sejenak Lupakan Piala Eropa, Marquez Masih Uji Knalpot Baru

MotoGP 2016 Jelang Assen: Valentino Rossi Punya Tiga Peluru untuk Menang di Assen. Ini Dia

BAGIKAN