nhk

MotoGP Assen 2016 (Jelang): Duel Rossi vs Marquez Lagi?

ManiakMotor – Bicara tradisi, Assen adalah milik Yamaha. Tapi, faktanya, dari semua rider Yamaha, hanya Valentino Rossi yang bisa menang 7 kali sekaligus terbanyak di kelas primer. Faktanya lagi, Jorge Lorenzo hanya menang musim2010, itupun bisa jadi karena The Doctor tidak ikut mengaspal akibat patah kaki sejak seri Mugello.

Kemenangan kali ke-7 The Doctor diraih tahun lalu dengan melibas Marc Marquez dengan gap 1,242 detik di garis finish. Rossi juga peraih pole position. Lorenzo di urutan 3 dengan selisih 14,5 detik dari Rossi. “Sirkuit ini saya tempatkan  sebagai salah satu trek favorit,” kata Rossi pada sirkuit di negara yang sangat kita kenal, lantaran pernah melahir banyak pahlawan di Indonesia untuk melawan mereka. 

Kala memetakan kekuatan per musim, trek ini juga salah satu lokasi dengan tanda kemenangan. Buktinya, saat baru kembali lagi ke Yamaha pada 2013 dan masih melacak basis setingan, ia menang di Assen. Juga mengalahkan Marquez dengan gap 2,1detik. Pendeknya rahasia bermain di Assen ada padanya.

Marquez sendiri menang di Assen pada musim keemasannya, 2014, saat menang beruntun dalam 10 balapan awal. Menilik memori itu dan fakta ketatnya duel VR dan MM di Catalunya lalu, sama sekali tak berlebihan untuk berharap duel ulangan 46 dengan 93. Agar enak ditonton.

Seperti di Catalunya, perlawanan Marquez tertolong oleh perubahan desain sirkuit. Sedang The Doctor masih unggul di tikungan cepat. Jika hasil tes terbaru di Catalunya (sasis dan swingarm M1 serta sasis plus knalpot baru RC213) tidak dibawa ke Assen, maka duel serupa akan sulit alias Marquez bertindak untuk menjaga pointnya.

Tapi itu kalau knalpot mengubah power RC213V, berharap saja sangat mungkin terjadi seperti di Catalunya. “Saya suka lay out Assen dan punya kenangan bagus di sana.Tes Catalunya positif karena dapat banyak masukan untuk diolah para insinyur Honda,” ucap MM dengan kesan modalmotor saat ini cukup memadai tarung di Assen. 

Macam mana dengan Lorenzo? Jika bicara fakta, rasanya berat juga memfavoritkannya juara. Untuk tarung sekadar podium, ya pasti dapatlah! Lain soal jika bicara nasib, tentu bedahannya lain lagi Brur! Andro

BACA JUGA

MotoGP Assen 2016 (Jelang): Sasis M1 Rossi Vs Lengan Ayun Marquez

MotoGP 2016 Jelang Assen: Aleix Esparagro, Pahlawan Suzuki Yang ‘Terbuang’

MotoGP 2016 Jelang Assen: Pindah ke Ducati, Kasta Rossi Memang Lebih Tinggi Dari Lorenzo

MotoGP 2016 Jelang Assen: Dua Sasis Beda di Kubu Suzuki

MotoGP 2016 Jelang Assen: Tes Privat Rossi dan Lorenzo Di Catalunya, Geometri Sasis Rahasia

BAGIKAN