nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang FP1/FP2: Marquez Ingin Hindari Clash di Tikungan Terakhir

ManiakMotor – Gara-gara motor, belakangan taktik balap Marc Marquez berubah. Karena kalau ngotot terdepan di lap-lap awal, itu sama saja cara bawa yang memaksa. Tentu saja risikonya banyak. Yang ada hanya bisa curi angin  menempel pembalap terdepan. Ada kesempatan baru fight di lap-lap terakhir.

Taktik itu tak bakal dipakai dalam seri ke-8 MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 26 Juni. “Saya akan berusaha berada di depan sejak lap-lap awal,” katanya dalam jumpa pers resmi jelang GP Belanda, Kamis (23/6). Berarti motornya sudah sanggup kabur sendirian.

Omongan MM ini berkaitan dengan kasus tahun lalu di Assen. Tahun lalu juga di lap terakhir niatnya mau libas Valentino Rossi di tikungan terakhir, tapi malah berbalik. Ya  The Doctor yang melibasnya melalui jalur rumput dan pasir.

Meski begitu, MM juga siap meladeni jika duel dengan lawannya harus dilakoni seperti musim lalu. Di banyak sirkuit, katanya, tikungan terakhir menjadi area menyalip yang paling menantang dan dalam banyak contoh menjadi penentuan kemenangan. Seperti duelnya bersama Rossi  tahun lalu. Begitu juga akhir duel Kevin Schwanzt dengan Wayne Rainey atau Nicky Hayden vs Colin Edwards di tikungan terakhir Assen itu.

Meski tikungan itu kini sedikit diubah untuk alasan keamanan dan jangan sampai ada lagi yang potong jalur, hehe, menurut Marquez tetap saja menjadi lahan pertempuran terakhir jika duel pembalap berlangsung ketat hingga lap terakhir. “Saat berada di depan atau belakang, tikungan terakhir itu menjadi kesempatan terakhir untuk bertahan atau menyerang. Sulit menghindar situasi macam itu,” katanya.

Menyangkut kans menang di Assen, MM bilang hanya bisa berusaha keras beradaptasi dengan kondisi lintasan. Juga membangun setingan RC213V-nya sebisa mungkin sesuai permintaan Assen. Itu motor belum sepenuhnya sesuai dengan keinginannya, terutama akselerasi yang membuatnya keteter melawan Yamaha M1 pada GP Catalunya lalu. “Valentino dan Jorge bakal sangat kencang di sini. Saya kudu fokus sejak sesi latihan sampai balapan. Balapan sepertinya akan berlangsung rapat, begitu pun perebutan poin di kejuaraan dunia,” pungkas Marquez. 

Berarti enak ditonton. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Assen 2016 Jelang FP1/FP2: Vinales Berani Incar Podium

MotoGP Assen 2016 Jumpa Pers: Rossi Yakin Sepenuhnya, Marquez Lebih Dari Tes, Lorenzo Pada Nasib

MotoGP Assen 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi “Over Confident” , Ini Bro Pemicunya

MotoGP Assen 2016 Jelang: Dominasi Fans The Doctor, Kejar Laba di Hari Minggu

BAGIKAN