nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang FP1/FP2: Vinales Berani Incar Podium

ManiakMotor – Bukan sekadar ambisi, tapi Maverick Vinales memang layak membidik podium di GP Belanda pada Minggu, 26 Juni. Bersaing dengan para seniornya yang punya jam terbang lebih yahud. Vinales biasanya bisa tampil baik pada sikuit cepat yang banyak perubahan arah tikungan.

Dalam 7 balapan yang sudah berlangsung, Vinales lumayanlah, di atas kemampuan motornya. Anak muda dari Spanyol yang tahun depan jadi team mate Valentino Rossi di Movistar Yamaha, itu sudah menangguk sekali podium (urutan 3 di LeMans) dan dua kali posisi finish ke-4. Artinya, Suzuki berhak lirik-lirik podium ketiga karena yang nomor 1 dan 2 hampir pasti dan selalu jatuh kepada rider Honda atau Yamaha.

Lantas, mengapa Vinales gagah berani membidik podium di Assen? Tak lain berkat sasis baru di GSX-RR-nya yang telah mengalami pengembangan dalam tes Catalunya. Sasis baru itu membuat traksi ban belakang Suzuki-nya lebih sesuai dengan gaya balap Vinales. Motornya lebih stabil dan senyawanya ban dengan trek lebih efisien. Setidaknya,satu masalah teknis sudah tertanggulangi.

Beda dengan rekan sesama joki Suzuki, Aleix Espargaro, yang sama sekali tak cocok dengan sasis baru itu dan memutuskan pakai sasis standar di Assen. “Dibandingkan pesaing, persoalan teknis Suzuki memang belum sepenuhnya terbenahi. Tapi, kehadiran sasis baru ini sudah sangat membantu. Kami hanya perlu membangun setingan terbaik untuk sasis ini dan coba tarung ke podium saat balapan,” kata Vinales.

Dari aspek lain, Suzuki dengan berbagai terobosan teknisnya belakangan ini memang layak diwaspadai. Terlebih dalam sirkuit teknikal macam Assen yang menuntut motor dan jokinya selalu cepat berubah arah. Motor dan jokinya harus sama lincah. GSX-RR punya kelincahan itu, dan Vinales pun terbukti sangat luwes menggunakan body moving-nya di jok motornya. Tinggal tunggu buktinyai? Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Assen 2016 Jumpa Pers: Rossi Yakin Sepenuhnya, Marquez Lebih Dari Tes, Lorenzo Pada Nasib

MotoGP Assen 2016 Jelang: Dominasi Fans The Doctor, Kejar Laba di Hari Minggu

MotoGP Assen 20 MotoGP 2016 Jelang: Pegang Rekor Assen, Rossi Unggul Skill

MotoGP Assen 2016 Jelang: Deg-Degan ke Tanah Penjajah, Lorenzo Harap Keberuntungan

BAGIKAN