nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang Race Basah Dan Kering, Rossi Tetap Hayoooo, Goooo…!

ManiakMotor – Saat kering di lintasan Assen, Belanda, Valentino Rossi tetap melakukan perlawanan. Di saat basah pun seperti FP4 dan Q2 dan terutama kualifikasi dia juga lawan berat. Fakta grid position Valentino Rossi di GP Belanda pada Minggu (26/6) ini di urutan kedua. Dia di sebelah pole sitter Andrea Dovisiozo yang memang asyik di lintasan basah, kalau kejar selap doang.

Perjuangan Rossi meraih grid dua juga lewat kecerdikan dalam 4 menit terakhir sesi Q2. The Doctor masih sempat masuk pit untuk ganti ban segar. Di luar dugaan tim teknisnya, Rossi minta dipasangi ban basah di roda belakangnya,  sementara pembalap lain pakai kompon intermediate. Tergolong ‘aneh’ pakai ban yang kembangnya banyak bangat yang seharusnya buat lintasan tergenang air bingit, tapi saat itu  sebagian besar racing line justru mulai kering.

Ternyata oh ternyata, pilihan The Doctor lumayan tokcer. Dengan wet tyre itu kemudian ia bukukan best lap 1:45,961 dan mencaplok urutan pertama dam baru bisa dilewati Andrea Dovizioso di akhir sesi. Sebelumnya waktu terbaiknya hanyalah 1:49,662. “Saat itu saya merasa tak bakal cocok pakai ban intermediate, roda belakang sering bergeser. Ya sudah pakai yang lebih basah,” kata Rossi yang belakangan mengakui pilihannya berdasarkan pada 3 atau 4 tikungan yang sesungguhnya masih benar-benar basah.

Rossi sih berharap kering saat lomba Minggu. Motornya sudah siap dengan rangka lama yang faktanya lebih lincah berubah arah di chicane. Tapi dia juga sudah siap dengan situasi basah. Bahkan lebih siap bila terjadi flag to flag alias masuk pit ganti motor dengan ban basah saat lomba bila hujan turun. Siap bermain dalam kondisi gado-gado.

Alasan Rossi berdoa kering lantaran di FP3 dia segera membangun set-up motornya yang ganti sasis. Ke-4 di FP3 dan hanya selisih 0.100 dengan yang tercepat,  “Kalau kering saya akan  kompetitif. Saat sesi pagi (FP3) tidak begitu buruk. Kami membuat langkah set-up yang bagus dengan ban keras. Juga bisa ke-4 dengan ban lembut di mana catatan waktu sangat dekat,” sebut Rossi yang juga tidak mau berharap bangat pada kondisi kering. “Bila kondisi basah, saya juga akan bersaing, walau menentukan ban agak sulit dalam kondisi campuran,” tambah Rossi sembari menunjukan hasil FP4 dan Q2 yang basah, tapi juga sikit khawatir pada irama mesin saat ganti motor di kondisi flag to flag.

Intinya grid kedua merupakan modal di saat kering dan basah, karena start dari front row. Itu jika dibandingkan dengan pesaing beratnya di klasemen, macam Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. MM start dari urutan 4, sedangkan JL dari posisi ke-11. Lawan saat start Rossi hanya Ducati Dovizioso dan Ducati satelit lewat Scott Redding. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016

MotoGP Assen 2016 Q2: Dovizioso Pole, Rossi Kedua, Marquez Ke-4, Lorenzo 11

MotoGP Assen 2016 FP4: Marquez Tercepat, Rossi Ke-2, Lorenzo Ke-8

MotoGP Assen 2016 FP3: Dovizioso Tercepat, Marquez Ke-2, Rossi Tertolong Sasis, Lorenzo 10

BAGIKAN