nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang Race: Celaka Saat Latihan, Mental Lorenzo Langsung Goyah?

ManiakMotor – Tulisan terdahulu sebut Jorge Lorenzo berharap keberuntungan di Assen. Tapi, mau bilang apa kalau Assen memang acap bawa sial buatnya. Contohnya di sesi FP3, ia alami kecelakaan fatal sampai berguling-guling di lintasan. Saat kualifikasi Sabtu sore pada Sabtu 25 Juni, kian terpuruk untuk sekelas Lorenzo.

Belum balapan sih. Tapi sebelum FP3 posisi Lorenzo juga tak baik-baik amat. Herannya dia masih bertahan dengan sasis baru. “Saya jumpalitan di gravel. Banyak batu dan kerikil gravel yang menghantam leher, punggung dan kulit. Sangat sakit, tapi untungnya tak mencedarai tulang bahu. Jadi, saya pastikan bisa balapan tanpa masalah,” katanya seolah mengingatkan pengalaman buruk di Assen 2013 yang mematahkan tulang belikatnya.

Wajarlah kalau kemudian JL hanya tercepat ke-10 di FP3 itu. Kemudian membaik ke urutan 8 di FP4, tapi kemudian anjlok tenan di sesi Q2, urutan 11. Start dari row 4 tentulah bakal sulit melawan Valentino Rossi dan Marc Marquez yang meluncur dari grid 2 dan 4. Apalagi kalau hujan, Lorenzo juga kurang sigap bermain basah.

Andai posisi itu tak mampu diperbaiki dalam raceday, maka surplus 12 poin atas Rossi bisa terpangkas signifikan. Itu berarti rivalitas dua joki M1 bakal makin panas, di luar maupun di dalam sirkuit.

Apakah kecelakaan di FP3 itu membuat nyali JL ciut sehingga ‘main aman’ di sesi berikutnya, terutama Q2 yang wajib pol-polan mencari waktu tercepat? Ia pastilah membantah tudingan nyeleneh itu. Bukan soal mental yang goyah usai kecelakaan itu, tapi menurutnya karena memang motornya yang kurang laju. 

Nah, ucapan JL itu sekaligus menggambarkan kesiapannya jika balapan pada Minggu (26/6) siang waktu Belanda benar-benar berlangsung wet race. Tapi sekali lagi, bendera finish belum dikibarkan dan segala sesuatunya bisa terjadi. Soal JL kapok saat jatuh di FP3, lomba juga yang menjawabnya. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Pengakuan Dovi, Dibantu Rossi Raih Pole, Juga Memujinya

MotoGP Assen 2016 Jelang Balapan: Rossi Takut Saat Balapan Harus Ganti Pakai Mesin Kedua

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong

BAGIKAN