nhk

MotoGP Assen 2016 Jelang: Sejenak Lupakan Piala Eropa, Marquez Masih Uji Knalpot Baru

ManiakMotor – Sibuk mengikuti kiprah timnas Spanyol di Piala Eropa, Marc Marquez merasa sedikit galau. Galau mempertahankan posisi klasemen dan beberapa hari ke depan tak bisa memberi dukungan langsung kepada Andres Iniesta cs.

“Semoga mereka meraih kemenangan di partai berikutnya. Sekarang saya sulit mengikuti perkembangan timnas Spanyol lantaran harus fokus ke Assen. Race di Assen sangat penting dalam percaturanperebutan gelar 2016,” kata MM yang tengah memimpin klasemen sementara dengan 125 poin, unggul 10 dan 22 angka dari Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Kedua rider Yamaha itu juga yang wajib dihadang MM agar tampuk pimpinan tetap di tangan. Terutama Rossi yang punya reputasi cantik di Assen. Ya, Rossi memang patut diwaspadai MM, bukan hanya karena tradisi di Assen, tapi juga perkembangan terakhir di GP Catalunya. Motor Marquez keteteran di tikungan-tikungan cepat. Tikungan-tikungan macam itu juga masih menunggu di Assen.

Di GP Catalunya lalu, M1 Rossi memang selalu bisa dipepet bahkan disalip RC213V Marquez di trek lurus. Tapi itu dilakukan berlidung dari terpaan angin alias slipstream pada Rossi. Keluar tikungan, RC213V selalu keteter dari M1. Kelemahan utama motornya menurut MM adalah akselerasi. Keluar tikungan untuk buka throttle tenaga motornya terlambat dapat putaran idealnya. Masuk tikung Marquez bisa mendekati karena dengan cara ‘memaksa’ menunda pengereman.

Untuk mengatasi itu, RC213V lantas dibekali knalpot baru dan sudah diuji dalam tes resmi IRTA di Catalunya. Sebab mesin sudah tak bisa diutak-atik lantaran disegel. “Hasilnya kurang lebih sama dengan yang lama, tapi kami dapat banyak informasi penting untuk pengembangan lanjutan,” ucap MM, yang maksudnya bisa jadi bahwa knalpot anyar itu belum akan siap digunakan di Assen dan masih akan dicoba di sesi latihan.

Sikit-sikit performa motor, katanya, sudah membaik. Mulai sesi awal, ia akan berjuang ekstra untuk pengembangan dan dapatkan setingan terbaik untuk race Minggu. Termasuk upaya mengantisipasi cuaca yang acap jadi hal krusial di Assen. “Siap tarung podium lagi meski jelas tak akan mudah. Yang pasti trek Assen sangat cocok dengan gaya balapku,” lanjut MM yang tahun lalu disingkirkan Rossi dengan cara menyakitkan di Assen.

Disebut menyakitkan karena kubu MM sempat protes dan menuduh Rossi potong jalur sehingga kemenangannya tidak sah. Tapi, Race Direction bilang Rossi nggak salah dan dinobatkan sebagai juara. Kalau begitu, ayo balaslah Marquez! Bisa nggak ya? Menarik ditunggu karena MM pun punya reputasi oke di Assen. Dalam tiga penampilan di kelas MotoGP ia dua kali runner up (2013 dan 2015) dan sekali juara (2014). Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Jelang Assen: Valentino Rossi Punya Tiga Peluru untuk Menang di Assen. Ini Dia

MotoGP 2016 Jelang Assen : Penampilan Rossi dan Marquez di Assen akan Diawasi

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marc Marquez Menghibur Diri, Sesuatu Belum Beres Pada Motornya

MotoGP Assen 2016 Jelang: Rossi Masih Seperti Remaja Menjinakan Mesin M1

BAGIKAN