nhk

MotoGP Assen 2016 Moto3 : Franscesco Bagnaia Buyarkan Trio VR46

ManiakMotor – Seru dan menegangkan. Itulah drama persaingan di kelas Moto3  TT Assen 2016 menempuh 22 lap. Kondisi trek kering dan cuaca cerah membuat  seluruh pembalap menguras tenaga motor dan tampil secara maksimal. Bahkan sampai lap 22 dan tinggal 200 meter jelang finish belum ketahuan pemenangnya.  Penentuan pemenang itu terukir sekitar 25 meter jelang finish dengan Bagnaia lebih dulu menyentuh garis finish.

Lap demi lap, perebutan posisi terdepan silih berganti antara  ketiga pembalap tim Sky VR46 (Andrea Migno, Nicolo Bulega, dan Faneti) dengan Brad Binder (KTM red Bull), dan Bagnaia. Sepertinya Fenati bakal merebut posisi pertama lantaran penampilannya yang konsisten tidak pernah tergeser dari tiga besar.

Malah masuk lap 10, ketiga pembalap VR6 membuat formasi 1-2-3. Tapi, lap berikutnya Bagnaia (21) dapat memisahkan skuad VR46 dengan menyodok kedua, diikuti  F. Di Giannantonio (4). Brad Binder coba menyodok ke depan, tapi upayanya sia-sia. Ia senggola dengan Migno sehingga motornya keluar lintasan. Tidak jatuh dan masih bisa masuk ke trek, tapi posisinya melorot ke-13.

Nasib apes juga menimpa Enea Bastianini yang coba ke depan dengan menyodok dari dalam. Namun ia terlalu cepat mengangkat motor sementara di sisi kiri ada pembalap VR46. Akibatnya, ia terlempar dari motor.  Peluang podium pun sirna oleh pengguna knalpot R9 dari Indonesia itu. Sayang….

Ironis bagi tim VR46. Lap terakhir, di luar dugaan Faneti melorot keempat. Dan tak disangka, Bagnaia yang juga didikan VR46 Roders Academy  dan Giannantonio  mampu mendahului  Migno di trek lurus  menuju finish begitu keluar dari chicane. Dalam duel menyentuh garis finish yang tinggal 10 meter, roda depan Bagnaia lebih dulu melindas garis transponder untuk finish,  disusul  Giannantonio dan Andrea Migno. Sedang Feneti yang begitu konsisten dalam tiga besar justru terpental keempat. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016

BAGIKAN