nhk

MotoGP Assen 2016 Race : Jack Miller, Pelanggar Tradisi MotoGP, Memang Jago Basah

ManiakMotor – MotoGP Assen yang berlangsung di bawah siraman hujan, Ahad (26/6) banyak kejutan, bro. Banyak pembalap papan atas pada jumpalitan alias terlempar dari motor di balapan lanjutan kedua. Dimulai oleh Dani Pedrosa di lap awal tapi masih bisa melanjutkan, diikuti Valentino Rossi, kemudian Andrea Dovizioso. Lebih mengejutkan lagi, lomba seri 8 ini dimenangkan oleh Jack Miller, si pelanggar tradisi motogp, yang tanpa bisa dikejar Marc Marquez. Hebat kan…!

Dari balapan di Assen ini, Miller pantas dijuluki “Rain Master”. Lo, kan baru sekali ini pembuktiannya. Eit…tunggu dulu. Sejak mengikuti kejuaraan dunia balap motor di moto3 bersama tim KTM-Red Bull, pembalap asala Australia ini dikenal kehebatannya di trek basah. Begitu juga di Assen, kemarin khususnya di lomba lanjutan kedua sisa 12 lap.

Start dari posisi ke delapan di part 2. Begitu dilepas, ia langsung menempel di belakang Marc Marquez. Ya, karena Rossi dan Dovizioso sudah tidak ada. Lalu, Pedrosa mundur ke belakang. Marquez lah jadi pembuktian buat dirinya yang dapat dilibasnya jelang 3 lap terakhir. Posisi terdepan pun mampu dipertahankan sampai finish.

Tidak menyangkakan Miller bisa menang. Semua lawan, terutama para senior dari tim pabrikan memandang remeh dirinya. Pasalnya, ia pembalap yang melanggar tradisi naik ke kelas premium. Biasanya, setiap pembalap yang masuk motogp terlebih dulu digodok di moto2. Nah, Miller dari moto3 lang melompat ke motogp.

Masuk tahun lalu, ia direkrut tim satelit Honda LCR. Tahun ini, pindah mengibarkan bendera Estrella Galicia Marc VDS bersama Tito Rabat dari moto2. Tampaknya, keberuntungan ada di tim barunya.

“Saya bukan idiot,” sebut Miller usai lomba. “Saya tidak sering mengatakan ini, tapi saya kehilangan kata-kata. Saya merasa sangat emosional dan sulit menggambarkan sensasi kemenangan pertama ini,” ujarnya dengan semangat. Ketika tahu banyak pembalap berejatuhan, ia tetap fokus dan konsentrasi menjaga kecepatan dan konsisten, “Itu tanpa mengambil risiko konyol,” pamungkas Miller. Rezki 

BACA JUGA

MotoGP Assen 2016 Race : Ketakutan Rossi Terbukti, Ini Penyebabnya Ia Sampai Tergelincir 

MotoGP Assen 2016 Race: Hujan Deras Lomba Sempat Dihentikan, Jack Miller Juara, Marquez Ke-2, Rossi Jatuh 

MotoGP Assen 2016 Moto3 : Franscesco Bagnaia Buyarkan Trio VR46 

MotoGP Assen 2016 Jelang Balapan: Rossi Takut Saat Balapan Harus Ganti Pakai Mesin Kedua 

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong

BAGIKAN