nhk

MotoGP Assen 2016 Race : Ketakutan Rossi Terbukti, Ini Penyebabnya Ia Sampai Tergelincir

ManiakMotor – Apa yang dikhawatirkan Rossi bahwa dirinya sangat tidak berharap lomba Motul TT Assen, Ahad (26/6) harus ganti mesin alias tukar motor, jadi kenyataan. Ketakutan The Doctor itu akhirnya membuat dirinya gagal mendulang angka dan bahkan tidak finish akibat terlempar dari motor di lap 17. Selisih point pun dengan Marc Marquez yang finish kedua di belakang Jack Miller dari 22 angka menjauh jadi 42 angka. “Ini kesalahan yang bodoh,” sesal Vale.

Ketika lomba masuk lap 14, bendera merah dikibarkan berarti para pembalap masuk pit lantaran permukaan lintasan tergenang air. Saat itu, Rossi berada di urutan ketiga di belakang duo Ducati Andrea Dovizioso  dan Danilo Petrucci. Sedang Scott Reading yang keempat jauh di belakang.

Sebelum melanjutkan lomba, VR minta roda belakang dikasih yang kompon lunak. Beda saat balapan pertama yang pake kompon keras tipe basah. Makanya, ia tidak memaksakan diri mengejar ketika disalip Yonny Hernandez – yang kemudian jatuh – juga Petrucci. Pertukaran ini, mengingat lap yang ditempuh sedikit dan tidak ada kesempatan untuk mengatur strategi. Jadi, Rossi ingin dari awal sudah harus meninggalkan lawan.

Apalagi, usai meninggalkan garis start di belakangnya adalah Marc Marquez. Lain soal, kalau yang mengekor Scott Reading.”Nah, dengan kompon lunak di belakang, daya cengkeram tentu lebih banyak. Tapi, aku melakukan kesalahan lantaran melajukan motor terlalu cepat dan terlalu yakin,” keluhnya.

Kejadiannya di tikungan 10. Ia tiba di tikungan itu terlalu cepat dari yang diharapkan. Sehingga harus mengerem lebih awal membuat rodanya agak terkunci yang haram saat lintasan basah. Ini dimulai dari tikungan 9 yang keluarnya melesat cepat karena saat masuk di belokan bisa membuka gas. Keberhasilan ini justru membuah petaka.

“Saya sampai di tikungan 10 itu 4-5 km/jam lebih cepat. Meski sudah ngerem di titik yang sama, aku kehilangan cengkraman depan,” cerita VR yang tampak frustrasi. Diakuinya, sulit meninggalkan Assen dengan tangan hampa alias nol.

Dari beberapa balapan sebelumnya, Rossi mengakui sangat tepat dalam membalap dan tidak pernah melakukan kesalahan. “Kali ini, saya justru membuat kesalahan di saat yang paling penting. Ketika Anda gagal di lomba seperti ini, malu sekali,” tutup Rossi yang sampai seri 8 musim ini sudah tiga kali gagal mendulang angka. Rezki

BACA JUGA 

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Assen (Race): Rossi Galau, Jack Miller Jadi Penghiburnya

 

MotoGP Assen 2016 Race: Hujan Deras Lomba Sempat Dihentikan, Jack Miller Juara, Marquez Ke-2, Rossi Jatuh 

MotoGP Assen 2016 Jelang Race: Celaka Saat Latihan, Mental Lorenzo Langsung Goyah? 

MotoGP Assen 2016 Jelang Balapan: Rossi Takut Saat Balapan Harus Ganti Pakai Mesin Kedua 

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong

BAGIKAN