nhk

MotoGP Assen 2016 Race: Lorenzo Udah Malas Balap dan Pengen Berhenti. Eh, Dapat Point!

ManiakMotor – Jorge Lorenzo sebenarnya udah males berlaga di Motul TT Assen, Ahad (26/6) kemaren. Tidak aman, sengsara dan lagi tidak mendapat point lantaran berada di urutan ke-19 saat lomba dihentikan. Beruntung lomba direstart sehingga ‘baterai’ malas pembalap Yamaha itu bisa di suntik dan akhirnya JL mendapatkan 6 angka.

Trek licin dan adanya genangan air membuat Lorenzo tidak tampil maksimal bersama sasis baru. Sebaliknya, justru ia merasa sengsara memacu Yamaha M1. Terutama, pada permukaan trek yang tergenang air. Ban kompon lunak yang diandalkan di belakang, tidak membantu. Gejala aquaplanning bikin dirinya kerja keras agar bagian belakang tidak bergerak bebas.

Begitu juga dengan roda depan. Dengan kompon lunak, ketika ngerem daya cengkeram kurang. Sudah begitu, “Saya terus menerus menerima tanda-tanda peringatan dari M1 kalo dirinya di ambang kecelakaan,” papar Lorenzo.

Rasa frustrasi Lorenzo menjadi-jadi tatkala ia tertinggal jauh dengan pembalap di depan. Dengnan kondisi itu, ia pun berniat mundur dan memasukkan motor ke pit. “Selain sudah tidak mendapat point, juga mengambil resiko kalo diteruskan,” sebutnya.

Segala cara sudah dilakukan agar bisa lebih cepat. Termasuk mempercepat laju, ngerem lebih lambat, mendorong di tengah mulut tikungan, dan terakhir menaikkan akselerasi. Hasilnya, semua itu tidak seperti yang diharapkan. Posisinya lap demi lap terus merosot.

Dihentikannya balap pada lap 14, bisa dibilang jadi penyelamat Lorenzo dari kebosanannya. Tim memasangkan kompon lunak di belakang dan ia merasa sedikit lebih nyaman, ditambah air dipermukaan trek sedikit. Akhirnya, di lomba kedua ia bisa mencuri 6 angka dari hasil finish ke-10.

“Saya dapat point karena orang lain pada jatuh. Bukan hasil menyalip dan saya tetap tidak kompetitif,” ujar JL. Herannya, kejadian seperti ini – trek tergenang air – pernah dialami di sirkuit Motegi. Tapi, ia tetap menjadi yang tercepat. Ini bukan karena sasis barunya belum dijajal di trek basah kali Lorenzo. Rezki

BACA JUGA 

MotoGP Assen 2016 Race : Jack Miller, Pelanggar Tradisi MotoGP, Memang Jago Basah 

MotoGP Assen 2016 Race : Ketakutan Rossi Terbukti, Ini Penyebabnya Ia Sampai Tergelincir  

MotoGP Assen 2016 Moto3 : Franscesco Bagnaia Buyarkan Trio VR46 

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016 

 

 

 

BAGIKAN