nhk

MotoGP Assen 2018: Skill Ngebut Satu Roda (Whellie) Rossi vs Marquez Di Chicane Terakhir

ManiakMotor – Dari turn (T) atau tikungan 16, 17 dan 18 memang seperti cacing di sirkuit Assen, Belanda. Tikungan berantai yang diakhir dengan model berbalasan atau chicane.

Seperti pada FP1 dan FP2 pada Jumat 29 Juni 2018 dan pasti berlangsung pada sesi-sesi berikutnya. Di tikungan tersebut nyaris semua motor MotoGP lepas dari T17 pasti hanya dengan satu roda yang depannya tidak menjejak bumi. Istilahnya setengah whellie, roda nggak terangkat-angkat amat. Coba perhatikan video dari twitter MotoGP ini. Atau video ini. Atau video ini juga

Tapi dengan satu roda agar nggak kebablasan keluar dari kerb atau pembatas racing line, pembalap harus mengubah arah motornya. Roda depan terpaksa terangkat lantaran dari T17 throttle sudah harus on karena memang bisa digas menuju finish yang juga awalan trek lurus.

Tentu saja di situ butuh keterampilan joki menggerakan anatomi pinggangnya agar motor bisa menikung dengan satu roda. Juga setelan suspensi yang pas, agar tidak terpengaruh gradakan (gelombang) kerb. Sejauh ini papan atas mulus melakukan aksi tersebut, termasuk M1 Valentino Rossi. Pokoknya perhatikan roda depan mengarah ke mana, nikungnya ke mana? Badan pembalap juga sibuk ke mana.

Kecuali saat FP2, RC213V Marquez sempat nggak kuat suspensi belakangnya yang goyang-goyang. Gejala itu terjadi usai roda depannya menjejak aspal dan saat bersamaan tenaga diumbar untuk trek lurus yang butuh kesiapan monosok menerimanya. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda 29 Juni – 1 Juli 2018 Moto2 Dan Moto3

FP3 MotoGP Assen 2018: Marquez Tercepat, Vinales, Crutchlow Dan Rossi

Jelang FP3/Q2 MotoGP Assen 2018: Inovasi Sasis Tambalan Karbon Ducati… Gagal Fokus Pada Lasnya

BAGIKAN