nhk

MotoGP Assen Belanda 2013 (Jelang): Lorenzo – Marquez Waspadai Lap Pertama

ManiakMotor – Dengan asumsi Dani Pedrosa acap kerepotan di Assen yang 12 tikungan kanan dan hanya 6 ke kiri, unggulan juara di Belanda jatuh pada Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Keduanya pun sepakat bilang lap pertama sebagai kunci.

Itu cuma analisis berdasarkan fakta, Brosist! Namanya balapan ya bisa saja hasil akhirnya ‘ngaco’ alias di luar prediksi. Pedrosa tetap punya peluang menang, begitu pun Valentino Rossi yang sudah dapatkan pacuan sesuai seleranya. Contoh gamblang pada musim 2011, siapa yang duga kalau Ben Spies menangi GP Belanda?

Kalau ikuti prediksi bursa-bursa taruhan di Eropa, favorit juara memang Lorenzo mengingat performanya dalam dua laga terakhir di Mugello dan Catalunya. Tapi, kalau melongok kisah di Assen dalam dua musim terakhir, rider Yamaha itu harus percaya pada nasib yang sama pentingnya dengan kualitas teknis. Musim 2011 ia jatuh di lap pertama dan musim 2012 dihajar Alvaro Bautista di tikungan pertama. Dua-duanya berakhir dengan DNF.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Itu dua kisah buruk dan harus jadi perhatian. Tapi, secara keseluruhan Assen adalah sirkuit yang membuahkan kisah-kisah manis dalam karirku. Saat ini aku tengah dalam kondisi terbaik, Yamaha pun telah melakukan banyak lakukan pengembangan musim ini,” ujar Lorenzo yang pastinya sangat tak ingin hattrick buruk di Assen tahun ini.

Kisah manis Marquez juga terukir di Assen semasa main di Moto2. Seperti Lorenzo, ia pun merasa laga di Assen akan sangat bergantung pada lap pertama, sejak lepas start sampai kemudian membentuk beberapa kelompok pembalap. Karena itu sangat penting berjuang untuk front row di sesi Q2 agar terhindar dari kepadatan di tikungan pertama.

“Saya menyukai karakter Assen dan untuk kali pertama akan mengujinya dari atas pacuan MotoGP. Lap pertama mungkin bakal tersulit, tapi kami sudah ketahui jalur terbaik selepas start. Semoga cuaca pun mendukung,” cuap Marquez pakai bahasa Inggris logat Spanyol.

Setelah duel hebat di Jerez, aksi pepet-pepetan Lorenzo dengan Marquez memang tak lagi muncul di seri selanjutnya. Lawan Marquez di lintasan justru Pedrosa. Akankah di Assen kembali tersaji aksi Lorenzo – Marquez? Bisa jadi, namanya juga prediksi Bro! Andro

Baca Juga

Hasil MotoGP Assen Belanda Semua Sesi dan Kelas 27 – 29 Juni 2013

MotoGP Assen Belanda 2013 (Jelang): Crutchlow Tetap Yamaha atau Nyeberang ke Honda – Ducati?

MotoGP 2013 Assen (Jelang); Rossi ‘Pinjam Angin’ Duel Trio Spanyol..?

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Cuekin Rossi dan Lorenzo, Bautista Ingin Bangkit di Assen

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Babak Baru The Doctor?

BAGIKAN