nhk

MotoGP Assen Belanda 2017: Marquez Asyik Main Dua Kondisi, Pedrosa?

93 marc assen2017 wet

ManiakMotor – Pembalap Repsol Honda yang diisi Marc Marquez dan Dani Pedrosa,  agak timpang di GP Belanda di sesi latihan sampai kualifikasi. Dari sesi latihan bebas sampai kualifikasi hanya Marquez yang asyik ke depan saat kering dan basah. Sedang Perdrosa lihat saja di hasil yang terdahulu.

Marquez saat kering pun melayani para joki Yamaha, terutama Maverick Vinales. Saat basah sama saja, walau nggak sempat predikat tercepat. Di kualifikasi yang basah dia kedua dan barusan warm-up dia juga kedua. “Intinya motor dan saya siap bermain pada dua kondisi. Basah aysik, kering juga asyik,” sebut Marquez dengan santai.

Menurut Marquez untuk bisa bersaing dalam dua kondisi harus cerdik menyetel motor. Maksudnya mungkin tak perlu fokus bangat membangun set-up kering, juga nggak perlu mati-matian menyetel motor dalam kondisi basah. Prediksinya, apalagi sejak Minggu 25 Juni 2017 pagi sampai siang saat orang-orang Indonesia lebaran, dan di Assen ada warm-up, eh malah hujan sudah deras.

Diyakini hujan ini akan berlanjut sampai siang di sana atau saat lomba berlangsung akan berstatus wet race. Lagian jadwal MotoGP lebih duluan dibanding sebelumnya. Race-nya di depan Moto2 atau persis jam 18.00 waktu Jakarta bukan seperti biasanga 19.00 di sini dan di sana jam 13.00 atai jam satu siang bukan lagi jam 2 siang. “Bukan tak mungkin akan bermain dua kondisi, hujan dan kering,” optimis Marquez.

Beda lagi Dani Pedrosa yang di hari kedua saat hujan sama sekali tak berkutik. Di FP3 Pedrosa ke-23 atau terakhir. Di FP4 hanya ke-11 dan kualifikasi ke-12 atau terakhir di Q2. “Situasi cuaca mudah berubah di Assen. Saya berharap, saat lomba berlangsung kering,” doa Pedrosa yang nggak ikut warm up karena basah.

Lomba memang sering menyatakan lain. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen Belanda 23, 24, 25 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2